Jumat 08 Jul 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Harry Potter dan Piala Api Pecahkan Rekor

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Buku Harry Potter and the Goblet of Fire (Harry Potter dan Piala Api).
Foto: harrypotter.wikia.com
Buku Harry Potter and the Goblet of Fire (Harry Potter dan Piala Api).

REPUBLIKA.CO.ID, Hari ini, 8 Juli 2000, sekuel keempat novel mengenai bocah penyihir Harry Potter telah memecahkan semua rekor penerbitan.

Sekuel keempat seri novel karya JK Rowling berjudul Harry Potter dan Piala Api (Harry Potter and The Goblet of Fire) ini telah dirilis secara bersamaan dengan awal cetak 5,3 juta naskah, yaitu 1,5 juta eksemplar di Inggris dan 3,8 juta eksemplar di Amerika Serikat.

Padahal, jumlah buku yang dicetak di Inggris biasanya sebanyak 20 ribu naskah. Isi cerita novel terbaru dijaga ketat.

Banyak toko-toko buku dibuka khusus di tengah malam dan dijaga penyihir yang menjadi ikon novel ini sehingga penggemar bisa membeli novel Harry Potter dan Piala Api yang segera dirilis dan dijual pada tengah malam. Sementara penggemar lainnya menunggu buku setebal 640 halaman tersebut secara online. Penjual buku online Amazon menjual sebanyak 400 ribu eksemplar di seluruh dunia.

Novel ini dibanderol seharga 9,99 hingga 14,99 poundsterling, tergantung sampulnya dan didistribusikan secara luas di Inggris, termasuk ke restoran pinggir jalan.Tiga novel pertama Harry Potter dimulai dengan seri Harry Potter dan Batu Bertuah pada 1997 telah berhasil dijual sebanyak 35 juta naskah dalam 31 bahasa.

Selanjutnya: Kembar Siam Ladan-Lale Meninggal Saat Dioperasi

 

 

 

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement