Ahad 10 Jul 2016 10:01 WIB

Venezuela Tahan Tersangka Terkait Panama Papers

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Dokumen Panama Papers.
Foto: confidencial
Dokumen Panama Papers.

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Pemerintah Venezuela telah menangkap seorang wakil dari firma hukum Panama, Mossack Fonseca, dengan tuduhan mencari kelain untuk berinvestasi pada 'dana haram'. Ia merupakan orang kedua yang ditangkat terkait kasus ini.

Kantor kejaksaan mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters Sabtu (9/7), Jannet Almeida dipenjara di markas intelijen militer di Caracas. Ia merupakan orang kedua yang ditangkap sehubungan dengan kasus, setelah penangkapan pengusaha Josmel Velasquez pada April atas tuduhan pencucian uang.

"Wanita itu bertugas mencari pelanggarn untuk berinvestasi di dana haram dalam mengatur bisnis sejenis outsourcing," kata kantor kejaksaan.

Almeide akan didakwa secara ilegal memperoleh dana melanggar peraturan perbankan. Reuters belum dapat komentar Almeida atas kasus ini.

Penggerebekan pada akhir Mei di sebuah rumah di Caracas dilakukan berdasarkan keterangan dari dokumen Mossack Fonseca.

Sebelumnya laporan bocoran data terkait firma hukum Mossack Fonseca mendorong kritik global,  perusahan itu diduga membantu orang kaya dan kuat mengoperasikan perusahaan offshore untuk menghindari pajak atau untuk mencuci uang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement