Senin 11 Jul 2016 12:14 WIB

Dubes AS: Indonesia Berperan Besar Hadapi ISIS

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Dubes AS untuk Indonesia Robert Blake.
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Dubes AS untuk Indonesia Robert Blake.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O Blake mengatakan, saat ini kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) masih menjadi tantangan besar bagi semua negara tak hanya Indonesia. Namun menurutnya, Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia bisa berperan besar dalam membantu memerangi ISIS.

Saat ini, Blake mengatakan, selain kampanye militer ada hal lain yang juga penting dalam menghadapi ISIS, yakni menggalakan pesan-pesan propaganda yang disebarkan ISIS melalui media sosial.

"Sampai sekarang mereka sangat sukses dengan cara ini," kata Blake kepada wartawan di Kedutaan Besar AS di Jakarta, Senin (11/7).

Indonesia menurut Blake bisa ikut berperan dalam hal ini sebab menurutnya Indonesia memiliki komunitas Islam yang sangat besar dan moderat.

"Negara kalian dan organisasi-organisasi keagamaan seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah memiliki posisi penting untuk mencegah pesan propaganda ISIS," ujar Blake yang akan mengakhiri masa tugasnya sebagai Duta Besar AS untuk Indonesia itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement