Ahad 17 Jul 2016 07:16 WIB

Cina Minta Dunia Kerja Sama Berantas Terorisme

Lie Keqiang
Foto: REUTERS
Lie Keqiang

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Perdana Menteri Cina Li Keqiang pada Sabtu (16/7) menyerukan kerja sama dunia lebih erat untuk melawan terorisme, kata kantor berita pemerintah.

Saat berpidato di Pertemuan Puncak Asia-Eropa, Li mengatakan berbagai macam tantangan keamanan, yang lazim dan yang tidak biasa masih menonjol meskipun kawasan itu secara umum masih tenang dan damai.

"Terorisme adalah tantangan bersama setiap negara. Negara mesti bekerja sama erat untuk memerangi terorisme dan membangun masyarakat sangat terbuka serta toleran, sehingga bisa membasmi lahan tempat mereka tumbuh," kata Li.

Cina mencari dukungan Barat untuk "peperangannya melawan teror" sejak serangan Paris pada November. Ratusan orang terbunuh dalam beberapa tahun terakhir di Xinjiang, bagian barat Cina, yang merupakan kampung halaman suku Uigur yang kebanyakan adalah kaum Muslim.

Pemerintah menyalahkan kekerasan tersebut pada kelompok keras Islam yang ingin mendirikan negara merdeka yang disebut Turkestan Timur, namun kelompok Hak Asasi Manusia mengatakan penerapan kebijakan yang menekan oleh Beijing di kawasan itulah yang menyulut kemelut, suatu tuduhan yang ditampik oleh pemerintah.

Negara Barat secara umum enggan membagi informasi intelijen dengan Cina ataupun bekerja sama. Pakar independen untuk masalah Uigur mengatakan Cina hanya mempunyai sedikit bukti mengenai kumpulan kelompok garis keras, yang beroperasi di Xinjiang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement