Selasa 19 Jul 2016 14:05 WIB

Erdogan akan Bangun Barak di Pusat Istanbul

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Erdogan tampak diantara pendukungnya di Bandara Ataturk, Istanbul.
Foto: Reuters
Presiden Erdogan tampak diantara pendukungnya di Bandara Ataturk, Istanbul.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji untuk menghidupkan kembali rencana membangun sebuah taman Istanbul. Rencana tersebut oernah memicu protes anti-pemerintah pada 2013.

"Jika Tuhan merestui, pertama kami akan membangun barak bersejarah tepat di Taksim, tidak peduli mereka suka atau tidak," kata Erdogan kepada para pendukung yang berkumpul di luar rumahnya di Istanbul semalam.

Mereka berkumpul untuk menunjukkan pembangkangan mereka setelah faksi militer berusaha menggulingkan Erdogan pada 15 Juli. Erdogan bulan lalu melayangkan lagi rencana membangun replika barak, tempat pemberontakan Islamist yang gagal di awal abad 20.

Erdogan begitu cepat mengulangi niatnya setelah upaya kudeta. Pada Juni 2013, rakyat Turki turun ke jalan untuk memprotes rencana meruntuhkan Gezi Park di Taksim Square di pusat Istanbul, kota terbesar negara itu di Eropa dan membangun pusat perbelanjaan.

Tindakan cepat berubah menjadi protes luas oleh jutaan orang dan memunculkan tindakan keras berdarah. Erdogan mengatakan kepada kerumunan, barak akan berfungsi sebagai museum kota.

Ia juga mengatakan akan merobohkan bangunan bersejarah Ataturk Cultural Centre untuk membangun rumah opera pertama Turki di Taksim Square, serta membuka masjid.

Taksim dan Gezi merupakan salah satu lahan hijau kota yang telah lama melambangkan Republik Turki sekuler, dikembangkan pada tahun-tahun setelah runtuhnya kekhalifahan Utsmani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement