Rabu 20 Jul 2016 01:41 WIB

Tim Kampanye Trump tak Mau Dituding Jiplak Pidato Michelle Obama

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Istri kandidat presiden AS Partai Republik Donald Trump, Melania Trump berpidato saat pembukaan Konvensi Nasional Republik di Cleveland, Senin, 18 Juli 2016.
Foto: AP Photo/J. Scott Applewhite
Istri kandidat presiden AS Partai Republik Donald Trump, Melania Trump berpidato saat pembukaan Konvensi Nasional Republik di Cleveland, Senin, 18 Juli 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Istri calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Melania disebut meniru Michelle Obama. Hal ini karena dirinya membacakan pidato yang hampir sama dengan ibu negara tersebut.

Melania berpidato dalam Konvensi Nasional Partai Republik. Komentator kemudian melihat adanya kesamaan antara pidato yang dibacakan olehnya dengan yang juga pernah dibawakan Michele saat konvensi serupa 2008 lalu.

Meski demikian, pihak Trump menyangkal hal ini. Melania disebut hanya menggunakan kata-kata yang umum, sehingga mungkin saja sepintas terlihat sama.

"Tidak ada penjiplakan pidato dari Michelle Obama. Nyonya Trump membuat pidato itu dengan bantuan dari tim khusus kami," ujar manager kampanye Trump, Paul Manafort, dilansir BBC, Selasa (19/7).

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Partai Republik, Reince Priebus mengatakan tidak akan menyalahkan Melania atas kesamaan pidato tersebut. Namun, ia akan menyelidiki dengan bertanya kepada tim penulis yang membantu istri Trump tersebut.

Salah satu kesamaan pidato terlihat saat Melania mengatakan : "Orang tua saya terkesan dengan nilai-nilai yang saya tanamkan untuk mencapai keinginan dalam hidup ini. Kata-kata yang Anda ucapkan menjadi ikatan dan lakukanlah hal itu. Berjanjilah, Anda akan memperlakukan orang lain dengan hormat."

Sementara, Michelle pada 2008 lalu menyampaikan pidato yang hampir serupa. Dalam salah satu sesi, ia menyebutkan : Saya dan Obama dibesarkan dengan begitu banyak nilai-nilai, seperti kamu harus bekerja keras untuk mencapai keinginanmu dalam hidup ini. Kemudian, kata-kata yang kamu ucapkan adalah ikatan dan harus kamu lakukan, yaitu perlakukan setiap orang dengan baik dan hormat, sekalipun Anda tidak mengenal dan sepaham dengan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement