Rabu 20 Jul 2016 17:10 WIB

Masjid AS Berikan Layanan Klinik Cuma-Cuma

Rep: Retno Ajeng Tedjomukti/ Red: Achmad Syalaby
Komunitas Islam di Amerika
Komunitas Islam di Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah masjid di Redmond, Washington DC, Amerika Serikat, tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah. Salah satu ruangannya digunakan sebagai klinik gratis untuk melayani warga Redmond yang berpenghasilan rendah. 

Dilansir dari Seattleglobalist, Selasa (19/7) ide pembuatan klinik gratis ini datang dari seorang Muslimah, Nehath Sheriff (23 tahun) lulusan Universitas Washington di bidang kesehatan masyarakat. Dia mendirikan klinik kesehatan non profit untuk memberikan perawatan gratis bagi pasien berpengasilan rendah di Asosiasi Muslim Masjid Puget Sound di Redmond. 

Klinik Redmond bekerjasama dengan Komunitas Klinik Rainier Valley. Ini merupakan klinik gratis pertama di AS yang berbasis di masjid. Klinik ini dibuka pertama kali Ahad lalu (17/7) pukul 10.00 hingga pukul 14.00. Mereka telah melayani 15 pasien di hari pertama. 

Pelayanan yang diberikan di antaranya check up dasar. Pasien di klinik ini juga bisa mendapatkan rujukan secara gratis untuk perawatan lanjutan di rumah sakit lokal karena telah bermitra.

Klinik ini buka kembali setiap Ahad pukul 10.00 hingga pukul 13.00 di pekan ketiga bulan ini. Sheriff berharap akan banyak pasien yang mendapat pelayanan di klinik ini. Dia juga ingin memperbanyak jam praktik kedepannya. 

Selain melayani pasien di klinik, dia berharap dapat memiliki mobil van untuk dapat mengunjungi pemukiman tunawisma. Sebenarnya klinik ini telah dirintis sejak Sheriff saat masih kuliah.  Dia pun berencana untuk melanjutkan pendidikan ke pascasarjana di George Washington University dan melanjutkan ke sekolah kedokteran. Menurut dia, klinik ini akan tetap berjalan meski dia melanjutkan pendidikannya. 

Selain Sherif, dia dibantu oleh sukarelawan lainnya yakni dokter Habib, Humera Ali dan Leah Spellen, akunpuntur Mariko Fujita dan beberapa perawat serta asistennya. Untuk mengenalkan klinik gratis ini, mereka mempromosikannya di masjid-masjid, tempat penampungan wanita, pusat komunitas dan pusat pekerja sosial. 

"Memberikan perawatan untuk melayani sangat memuaskan," ujar Habib. Mneurut dia ada kesenjangan besar di King County bagi warga miskin untuk mendapatkan pelayanan kesehatan check up. Menurutnya klinik Masjid Redmond merupakan salah satu solusi untuk masalah tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement