Kamis 21 Jul 2016 08:32 WIB

Pembuat Pidato Melania Trump Mengaku Salah

Melania Trump, istri Donald Trump, saat bicara dalam rangka kampanye suaminya sebagai calon Presiden AS.
Foto: Reuters
Melania Trump, istri Donald Trump, saat bicara dalam rangka kampanye suaminya sebagai calon Presiden AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Seorang pegawai Trump Organisation, Meredth McIver mengakui perannya dalam penulisan pidato Melania Trump di Konvensi Nasional Partai Republik.

Sebagian isi pidato istri ketiga calon presiden Republik Donald Trump, Melania sama dengan pidato Ibu Negara Michelle Obama saat konvensi Demokrat pada 2008.

McIver mengatakan ia telah mengajukan pengunduran diri, namun ditolak oleh Trump.

"Ini kesalahan saya dan saya menyesal atas kekacauan yang saya buat," katanya dalam pernyataan, dikutip BBC, Rabu (20/7).

Baca: Melania Trump Dituding Salin Pidato Michelle Obama

Dia mengatakan Melania membacakan kalimat dari pidato Michelle dalam percakapan telepon ketika mereka mendiskusikan siapa orang yang menginspirasinya. "Dia (Melania) selalu menyukai Michelle Obama," katanya.

McIver lantas menyertakan frasa itu dalam rancangan pidato tanpa memeriksa pidato Michelle. "Saya merasa terhormat bekerja bagi keluarga yang luar biasa," katanya.

Manajer kampanye Trump menolak tuduhan plagiat tersebut.

Menanggapi insiden itu, Trump dalam cicitannya di Twitter mengatakan publisitas adalah hal yang bagus. Menurutnya, pidato tersebut mendapatkan publisitas lebih banyak dalam sejarah politik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement