Kamis 21 Jul 2016 10:18 WIB

Sekilas Profil Para Kandidat Calon Wakil Clinton

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Hillary Clinton, kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat.
Foto: Reuters
Hillary Clinton, kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Hillary Clinton menjadi calon kuat pesaing Donald Trump dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada 8 November mendatang. Setelah Trump resmi dinyatakan sebagai calon oleh Partai Republik dan telah memilih wakilnya, Clinton diperkirakan juga akan segera mengumumkan wakilnya pada Jumat (22/7).

Berikut sejumlah nama calon wakil presiden potensial yang sedang dipertimbangkan Clinton.

Tim Kaine

Senator Virginia ini merupakan mantan misionaris Katolik Roma dan pengacara hak-hak sipil yang fasih berbahasa Spanyol. Kaine sempat bertugas di Hubungan Luar Negeri dan Komite Angkatan Bersenjata Senat.

Kaine merupakan pendukung isu-isu liberal seperti membuka jalan untuk memberikan kewarganegaraan pada imigran gelap. Tapi seperti kebanyakan Partai Republik dan moderat Demokrat, ia mendukung kesepakatan perdagangan bebas, sebuah sikap yang banyak bertentangan dengan progresif partai.

Tom Vilsack

Ia merupakan menteri pertanian dan mantan gubernur Iowa. Selama primary, ia antusias berkampanye untuk Clinton. Ia sempat mengisahkan bagaimana perjuangan keluarganya selamat dari kecanduan dan kesehatan mental, isu yang dijanjikan Clinton akan diatasi jika ia terpilih.

Cory Booker

Ia merupakan senator kulit hitam pertama AS yang menjadi mantan Wali Kota Newark. Ia terpilih ke Senat dalam pemilihan khusus pada 2013 dan memenangkan pemilihan ulang pada 2014. Booker juga antusias berkampanye untuk Clinton.

Elizabeth Warren

Senator Massachusetts ini merupakan pengecam keras Wall Street yang mempelopori terbentuknya US Consumer Financial Protection Bureau setelah krisis keuangan global. Warren populer dengan keagresifannya dan sempat didesak mencalonkan diri sebagai presiden namun ia menolak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement