Ahad 24 Jul 2016 11:40 WIB

Sejarah Hari Ini: Kapal Eastland Tenggelam, 800 Penumpang Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Pada 24 Juli 1915, kapal Eastland mengarungi sungai Chicago. Namun kapal terbalik hingga menenggelamkan 800-850 penumpangnya yang saat itu sedang piknik.
Foto:
Kota tua Machu Picchu

Pada hari ini 1911, arkeolog Amerika, Hiram Bingham pertama kali melihat Machu Picchu, sebuah situs peninggalan Inca kuno di Peru. Situs itu kini jadi salah satu keajaiban dunia modern dan tempat tujuan wisata.
Machu Picchu terletak di tebing berbatu di Cuzco. Situs ini dipercaya sebagai tempat menghabiskan musim panas para pemimpin Inca. Masyarakat sipil Inca diberangus oleh Spanyol pada abad ke-16.
Ratusan tahun setelahnya, keberadaan situs ini masih rahasia. Hingga Bingham datang bersama sebuah tim kecil penjelajah untuk mencari kota-kota Inca yang hilang.
Dengan berjalan kaki mereka menuju Cuzco dan tiba di Urubamba Valley. Mereka mendapat informasi dari petani lokal, ada reruntuhan di atas pegunungan terdekat. Petani menyebutnya gunung Machu Picchu.
Penemuan ini kemudian dituangkan dalam buku yang kemudian laris manis. Situs Machu Picchu membentang dengan mengesankan sepanjang lima mil dengan 3.000 batu yang menghubungkannya ke berbagai ketinggian. 
Temuan yang mendunia itu kini menarik wisatawan. Lebih dari 300 ribu orang ke sana setiap tahunnya untuk merasakan keindahannya. 
Selanjutnya: Bloodsworth, Pria Pertama yang Dibebaskan karena Tes DNA

 

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement