Selasa 26 Jul 2016 14:09 WIB

Kerry Temui Menlu Rusia Bahas Konflik Suriah

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Luar Negeri AS John Kerry
Foto: EPA/NICOLAS ASFOURI/POOL
Menteri Luar Negeri AS John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, VIENTIANE -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Selasa (26/7). Keduanya melakukan pembahasan terkait kerja sama militer dua negara di Suriah.

Kerry dan Lavrov mengadakan pertemuan di sela-sela acara negara-negara di Asia Tenggara di Laos. Ini merupakan pertemuan kedua AS dan Rusia dalam membahas kerja sama militer dan intelijen di Suriah untuk menyerang kelompok-kelompok militan di salah satu negara di Timur Tengah tersebut.

Selain rencana kerja sama untuk melumpuhkan kelompok-kelompok militan, AS juga meminta agar Rusia melarang angkatan udara Suriah menyerang kelompok oposisi. Selama ini, AS dan Rusia berada di pihak berbeda dalam konflik Suriah, di mana Rusia membela Presiden Bashar Al Assad.

Baca juga, 10 Faksi Utama Suriah yang Ingin Jatuhkan Assad.

Meski pembahasan kerja sama antara AS dan Rusia cukup banyak ditentang oleh pejabat militer AS, Kerry disebut tetap bersikukuh melakukan hal itu. Menurutnya, rencana ini adalah kesempatan terbaik untuk mengakhiri konflik Suriah yang merugikan ribuan warga sipil di negara itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement