Jumat 29 Jul 2016 21:24 WIB

Semesta Bilingual Semarang: Tudingan Turki Sangat Menyakitkan

Fetullah Gulen
Foto: Reuters
Fetullah Gulen

REPUBLIKA.CO.ID,  SEMARANG -- Semesta Bilingual Boarding School bakal menyampaikan nota keberatan kepada Pemerintah Turki atas tudingan terlibat dengan organisasi teroris di Turki pimpinan Fethullah Gulen.

"Tuduhan itu sangat menyakitkan bagi kami sebagai lembaga pendidikan, bagi anak-anak yang sudah lulus dari sini," kata Kepala Semesta Bilingual Boarding School Semarang M. Haris di Semarang, Jumat.

Bahkan, kata dia, tentunya tuduhan dari Pemerintah Turki itu menyakiti hati para orang tua yang telah menitipkan anaknya untuk belajar di sekolah yang biasa disebut Sekolah Semesta Semarang itu.

Sekolah Semesta Semarang yang berada di bawah naungan Yayasan Al Firdaus Indonesia dan didirikan sejak 1990 itu, kata dia, keberatan, apalagi disangkut-pautkan dengan istilah teroris.

"Dari sisi apapun, selama ini tidak ada satu kata dan kalimat pun, kami hindari istilah teroris. Karena itu, sangat menyakitkan dengan apa yang menjadi tuduhan berlebihan dari Pemerintah Turki," katanya.

Baca juga, Turki Sapu Bersih Gerakan Gulen di Indonesia.

Dalam waktu dekat, kata dia, Sekolah Semesta Semarang akan berkoordinasi dengan yayasan-yayasan yang tergabung dalam Indonesia Bilingual Boarding School (IBBS) untuk menindaklanjuti persoalan itu.

"Malam ini, kami berangkat ke Jakarta untuk membahas nota keberatan. Kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan Pak Menteri yang baru," kata Haris.

Ia mengatakan akan meminta nasihat dan arahan dari Mendikbud karena tuduhan seperti itu merugikan dan mengganggu, terutama bagi orang tua yang menitipkan anaknya bersekolah di Semesta.

"Kami menyampaikan kepada orang tua dan meyakinkan bahwa apa yang dilakukan bukan suatu pelanggaran. Selama ini kami selalu terbuka kepada orang tua, semuanya. Kami minta mereka tidak resah," katanya.

Sekolah Semesta Semarang termasuk salah satu dari sembilan sekolah yang disebut dalam pernyataan Kedubes Turki di situs resminya www.jakarta.emb.mfa.gov.tr, Kamis (28/7).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement