Ahad 31 Jul 2016 07:28 WIB

Sejarah Hari Ini: Badai Tenggelamkan Kapal Harta Spanyol

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Koin emas yang ditemukan dari kapal Spanyol yang tenggelam di laut.
Foto:
Pemimpin serikat buruh terkemuka AS James

Pada hari ini 1975, James 'Jimmy' Riddle Hoffa menghilang dari Detroit, Michigan. Hoffa adalah salah satu pemimpin buruh Amerika paling berpengaruh di abad ke-20. Sejak hari ini, kabar tentangnya tidak pernah terdengar lagi.

Banyak rumor beredar. Salah satu yang paling banyak diyakini adalah ia jadi korban mafia. Bukti konsklusif tidak pernah ditemukan. Tubuh Hoffa juga tidak pernah muncul ke permukaan.

Hoffa lahir pada 1913 di Brazil, Indiana. Hoffa muda sudah menunjukkan bakat kepemimpinan alaminya. Pada usia 20 tahun, ia membantu pembentukan serikat buruh di Detroit. Ia juga memperjuangkan hak-hak buruh kala itu.

Kharisma dan talenta Hoffa kemudian diakui pemimpin tinggi. Ia mulai berkembang dengan serangkaian aksi boikot, unjuk rasa hingga protes. 

Ia menjadi pemimpin kelompok Teamster pada 1957 ketika pemimpinnya ditahan karena penyuapan. Kiprah Hoffa gemilang di dunia advokasi. Kemampuan orasi publiknya populer di kalangan pekerja dan siapa pun yang pernah berurusan dengannya.

Namun, setiap orang tetap punya sisi gelap. Ia punya hubungan dekat dengan petinggi mafia. Ia juga sering jadi target investigasi sejumlah kasus pada 1960. Pada 1967, ia dinyatakan bersalah dalam kasus penyuapan dan dijatuhi hukuman 15 tahun penjara.

Saat ia hilang, ia berencana memperjuangkan haknya di pengadilan. Ia dilaporkan hilang dari sebuah parkiran restoran Detroit. 

Selanjutnya: JK Rowling Lahir

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement