Senin 01 Aug 2016 08:08 WIB

ISIS Serukan Anggotanya Lakukan 'Jihad' di Rusia

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Angga Indrawan
Kelompok gerakan ISIS
Foto: VOA
Kelompok gerakan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Kelompok militan ISIS menyerukan anggotanya untuk melaksanakan 'jihad' atau serangan di Rusia. Perintah itu disampaikan melalui video berdurasi sembilan menit yang diunggah ke YouTube Ahad (31/7).

Dalam video, terlihat seorang bertopeng yang mengandarai mobil di padang pasir. "Dengar Putin, kami akan datang ke Rusia dan akan membunuh Anda di rumah Anda. Oh saudara, lakukan jihad dan bunuh dan lawan mereka," katanya berteriak sambil mengacungkan jarinya pada beberapa menit terakhir.

Video dengan terjemahan itu juga memperlihatkan gambar pria bersenjata menyerang kendaraan lapis baja dan tenda. Mereka mengumpulkan senjata di padang gurun. Sayangnya, Reuters tidak bisa segera secara independen memverifikasi video. Tapi, link ke video itu diterbitkan pada pesan Telegram yang digunakan oleh kelompok militan.

Tidak jelas mengapa Rusia akan menjadi sasaran. Namun, seperti diketahui Rusia dan Amerika Serikat berbicara untuk meningkatkan kerja sama militer dan intelijen terhadap ISIS dan alqaidah.

Selama beberapa pekan terakhir, telah ada serangkaian serangan mematikan yang diklaim ISIS di Eropa. Pekan lalu, penyerang yang setia kepada ISIS memaksa seorang pendeta Katolik tua di Prancis berlutut sebelum membunuhnya.

Sejak pembunuhan massal di Nice, Prancis selatan 14 Juli lalu, ada empat insiden di Jerman termasuk pemboman bunuh diri terbaru di sebuah konser di Ansbach.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement