Rabu 03 Aug 2016 08:42 WIB

Hollande: Donald Trump Membuatmu Ingin Muntah

Presiden Prancis, Francois Hollande
Foto: REUTERS
Presiden Prancis, Francois Hollande

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS --  Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan kemenangan calon presiden AS Donald Trump bisa mengubah politik dunia menjadi kanan.

Hollande juga mengatakan jika Trump menang dalam pemilu November, hal itu akan berdampak pada pemilu presiden Prancis pada musim panas 2017.

"Jika warga Amerika memilih Trump, akan ada konsekuensi karena pemilu Amerika adalah pemilu dunia," katanya dilansir The Guardian, Rabu (3/8).

Hollande belum mengumumkan apakah ia akan kembali mencalonkan diri dalam pemilu. Jika iya, Hollande akan menghadapi persaingan ketat dengan pemimpin National Front sayap kanan Marine Le Pen.

Hollande mengatakan pernyataan Trump yang berlebihan memuakkan.

"Pernyataannya yang berlebihan membuatmu ingin muntah, bahkan di AS, terutama ketika-dalam kasus Donald Trump- dia berbicara buruk tentang prajurit," ujarnya.

Dia merujuk pada pernyataan kontroversial Trump mengenai kapten Humayun Khan, tentara Muslim yang tewas di Irak pada 2004.

Hollande mengatakan mendengar komentar yang menyakitkan dan memalukan selama kampanye pemilu AS. Menurutnya, politikus hanya akan dihormati ketika mereka pantas dihormati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement