Jumat 05 Aug 2016 17:58 WIB

Ini Bukti Tangan Donald Trump Memang Kecil

Donald Trump
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Lima bulan setelah Donald Trump menggunakan waktunya dalam sesi debat untuk memberitahu Amerika bahwa ukuran kedua tangannya normal, kontroversi ini akhirnya berakhir.

Kenyataannya, Trump memang memiliki tangan yang lebih kecil.

Setelah banyak upaya percobaan mengukur tangan Trump, termasuk menganalisis foto Trump, akhirnya jurnalis dari The Hollywood Reporter memecahkan kasus ini.

Dekat pintu keluar museum lilin Madame Tussauds di New York tergantung cetakan tembaga tangan Trump. Cetakan itu berada di sana sejak 1997 setelah digunakan untuk membuat patung lilin dirinya.

Baca: Melania Trump Bantah Langgar Aturan Visa AS

The Hollywood Reporter mengukur tangan Trump mulai dari pergelangan hingga ujung jari tengah, yakni 7,25 inchi (sekitar 18,4 cm). Menurut data dari Pusat Ergonomi North Carolina, ukuran rata-rata tangan pria Amerika adalah 7,61 inchi (sekitar 19,3 cm).

Artinya, 85 persen pria Amerika memiliki tangan lebih besar dari Trump. Tinggi badan Trump sekitar 1,9 meter atau setengah kaki lebih tinggi dari tinggi rata-rata pria Amerika, yakni 1,8 meter, menurut Pusat Pengendalian Penyakit. Jika dia dibandingkan, tangan Trump relatif lebih kecil.

Kontroversi mengenai ukuran tangan Trump dimulai akhir Februari ketika Marco Rubio menyinggungnya saat kampanye presiden di Virginia.

"Dia setinggi 6,2 kaki, yang saya tidak mengerti kenapa tangannya berukuran seseorang dengan tinggi 5,2 kaki. Dan kalian tahu kan apa yang mereka katakan mengenai pria dengan tangan kecil," katanya saat itu, dilansir The Washington Post, Jumat (5/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement