Sabtu 06 Aug 2016 20:30 WIB

Anggota TNI Tangkap Pembakar Lahan di Sumsel

Rep: Maspril Aries/ Red: Teguh Firmansyah
Kebakaran hutan/ilustrasi
Foto: wikimedia
Kebakaran hutan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Anggota TNI dari Kodim Kodim 0402/OKI (Ogan Komering Ilir), Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil menangkap seorang warga yang tengah membakar lahan di Desa Suka Pulih, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI.

Komandan Korem 044/ Garuda Dempo Kol Inf Kunto Arief Wibowo membenarkan adanya penangkapan tersebut. “Anggota kita dari Kodim 0402/ OKI saat pulang dari melakukan pengecekan sarana dan prasarana di  PT Bumi Mekar Hijau yang terletak di Sungai Menang melihat ada kobaran api cukup besar, di lokasi menemukan pelaku sedang ada di situ,” katanya, Sabtu (6/8).

Kol Inf Kunto Arief Wibowo yang juga Komandan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Sumsel menjelaskan, dari lokasi pelaku yang bernama Zailani dibawa ke markas Kodim di Kayu Agung.

Dari pengakuan Zailani, dia membakar di lokasi areal kebun karet miliknya untuk membersihkan semak-semak. “Alasannya membersihkan dengan cara membakar lebih praktis dan tidak perlu biaya. Setelah dilakukan pemeriksaan di Kodim, pelaku diserahkan ke Polres OKI,” ujar Danrem Gapo.

Baca juga, Polri Tegaskan tak Memihak Soal SP3.

Menurut Danrem Kol Inf Kunto Arief Wibowo, di daerah dari tingkat Kodim sampai Babinsa sudah melakukan sosilisasi dan imbauan kepada warga agar tidak melakukan pembakaran saat membuka atau membersihkan lahan. “Namun imbauan tersebut masih dilanggar,” katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement