Selasa 09 Aug 2016 15:19 WIB

'Trump Orang Paling Berbahaya di Dunia'

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Donald Trump
Foto: Reuters
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Direktur  NATOSource Jorge Benitez yang juga ahli di  Atlantic Council's Brent Scowcroft Center on International Security khawatir dengan pernyataan kandidat Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump. Kekhawatiran itu ia sampaikan dalam sebuah oponi di media AS, the Hill.

Benitez pernah menilai pernyataan Trump mengenai NATO mengungkapkan pemahaman dangkal dan kekanakannya mengenai aliansi. Komentar terbaru Trump mengenai NATO bahkan menunjukkan ia bisa membahayakan  aliansi dan mengancam keamanan Amerika Serikat dan sekutunya.

Menurut Benitez, Trump baru-baru ini berkomentar jika ia terlipih menjadi presiden tak akan membela sekutu NATO bila diserang Rusia. Ini mematahkan komitmen AS selama enam dekade untuk memberi dukungan kuat bagi aliansi transatlantik.

Benitez mengatakan sejak Perang Dunia II, setiap presiden AS telah mengakui pentingnya NATO bagi AS. Menurutnya, setiap presiden AS pasti akan menolak pandangan Trump pada aliansi. 

Baca juga, Kronologi Pertikaian Trump dengan Keluarga Muslim AS.

Benitez mencontohkan, mantan presiden Ronald Reagan menggambarkan NATO sebagai inti dari kebijakan luar negeri dan keamanan AS.  "Trump gagal memahami peran sentral NATO bagi keamanan nasional AS," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement