Selasa 09 Aug 2016 16:22 WIB

Cina Bangun Hanggar di Laut Cina Selatan

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Pulau di kawasan konflik laut Cina Selatan
Foto: VOA
Pulau di kawasan konflik laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Lembaga kajian strategis Center for Strategic and International Studies (CSIS), melaporkan, berdasarkan foto satelit terbaru Cina telah membangun hanggar pesawat di aset yang diakuinya di Laut Cina Selatan. Hanggar diperkirakan untuk menampung jet-jet tempur milik angkatan udara Cina.

Gambar yang diambil pada akhir Juli lalu menunjukkan hanggar dibangun di Fiery Cross, Subi dan Mischief Reefs di Kepulauan Spartly. Hanggar memiliki ruang bagi setiap jet tempur Cina.

"Kecuali adanya kunjungan singkat dari pesawat transportasi militer ke Fiery Cross pada awal tahun ini, tak ada bukti Beijing telah mengerahkan pesawat militernya ke pos-pos tersebut. Tapi pembangunan cepat hanggar di ketiga fitur menunjukkan mungkin ada perubahan," kata CSIS dalam sebuah laporan.

Direktur CSIS Asia Maritime Transparency Initiative Gregory Poling mengatakan, hanggar menunjukkan tanda-tanda penguatan struktural. Menurut Poling hanggar-hanggar ini jauh lebih kuat dari pada yang dibangun untuk tujuan sipil. "Mereka diperkuat untuk melakukan serangan," ujarnya.

CSIS menambahkan Cina nampaknya menambah fasilitas lain termasuk menara dan struktur heksagonal juga telah dibangun di pulau dalam beberapa bulan terakhir.

Gambar satelit ini muncul sebulan setelah pengadilan internasional di Den Haag menolak klaim Cina atas sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan. Keputusan tersebut dengan tegas ditolak oleh Beijing.

Baca juga, Sengketa Laut Cina Selatan, Cina: Filipina Abaikan Perundingan Langsung.

AS telah mendesak Cina dan pengklaim lainnya untuk tak memiliteriasai kepemilikan mereka di Laut Cina Selatan. Namun CIna berulangkali menyangkal hal itu dan mengkritik patroli serta latihan AS memicu ketegangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement