Jumat 12 Aug 2016 09:53 WIB

Situs Sensus Hanya Bisa Diakses Server di Australia

Situs sensus Australia menampilkan pesan adanya kesulitan di hari sensus 9 Agustus.
Foto: abc
Situs sensus Australia menampilkan pesan adanya kesulitan di hari sensus 9 Agustus.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Situs sensus Australia sudah tersedia lagi, namun hanya untuk mereka yang menggunakan server yang berada di Australia. Ini adalah usaha pemerintah untuk mencegah serangan peretas.

Setelah adanya beberapa serangan yang disebut dengan denial of service (DOS) terhadap situs tersebut di hari Sensus Selasa (9/8) malam membuat Biro Statistik Australia (ABS) mematikan sistem sekitar pukul 19.30 karena khawatir serangan peretas.

Setelah live lagi Kamis sore, situs tersebut sudah bisa menerima isian dari seluruh Australia, meskipun kecepatanya lebih rendah dibandingkan di hari sensus. Selama delapan jam setelah sistem online ini tersedia lagi, 341.626 orang mengisi data diri mereka.

Ini disebabkan karena sebagian warga masih khawatir, namun juga ada kemungkinan banyak lainnya yang tidak tahu  sistemnya sudah tersedia lagi.

Menurut seorang konsultan IT Justin Warren, sebuah sistem bernama geoblock, dimana sistem yang membatasi akses internet tergantung dimana lokasi Anda, juga menyebabkan masalah bagi beberapa pengguna. "Situs ini sudah tersedia namun ditempatkan di belakang sebuah dinding," katanya.

"Apa yang mereka lakukan adalah mereka membuat beberapa lubang di dinding itu yang memungkinkan anda masuk bila anda berada di Australia, dan bila anda tidak berasal dari Australia tidak akan bisa masuk," kata Warren kepada program AM ABC.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/sensus-australia-tersedia-lagi-online/7723430
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement