Selasa 16 Aug 2016 14:23 WIB

Rusia Hampir Capai Kesepakatan dengan AS

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Gerilyawan menaiki kendaraan tank di kawasan Aleppo, Suriah.
Foto: Reuters
Gerilyawan menaiki kendaraan tank di kawasan Aleppo, Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Menteri Pertahanan Rusia mengatakan, Senin (15/8), Moskow dan Washington perlahan mendekati kesepakatan yang akan membantu meredakan situasi di Kota Aleppo, Suriah. Sergei Shoigu mengatakan Rusia dan Amerika serikat sedang dalam upaya membawa perdamaian di wilayah tersebut.

Berbicara di televisi Rossiya 24 yang disiarkan Senin, Shoigu mengatakan "selangkah demi selangkah" kedua pihak mendekati kesepakatan.

Menurutnya AS dan Rusia sedang melakukan pembicaraan eksklusif mengenai Aleppo. Pembicaraan ini akan memungkinan untuk AS dan Rusia menemukan kesamaan dan berjuang bersama membawa perdamaian ke Aleppo.

Ia menambahkan perwakilan Rusia dalam tahap yang sangat aktif berbicara dengan rekan Amerika mereka.

Sementara itu pejabat AS menanggapi pernyataan Shoigu. Menurutnya diskusi dengan Rusia masih belangsung dan belum tercapai kesepakatan perjanjian dalam waktu dekat.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Elizabeth Trudeau juga mengatakan belum ada pengumuman terkait hal itu untuk saat ini.  "Kami berbicara secara teratur dengan para pejabat Rusia tentang cara untuk memperkuat penghentian permusuhan, meningkatkan akses kemanusiaan dan membawa kondisi yang diperlukan untuk menemukan solusi politik," katanya.

Baca juga, Helikopter Rusia Jatuh Dihantam Mortir di Suriah.

Rusia dan AS telah lama membahas koordinasi di Suriah. Namun mereka belum dapat mencapai kesepakatan terkait kelompok militan yang bisa ditargetkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement