Jumat 19 Aug 2016 13:41 WIB

Nada Jazz dari Orang Utan Kluet di Adelaide

Orang utan Sumatra Kluet membuat musik yang diberi nama Give me a Klue yang direkam oleh pengasuhnya dan akan dijual di situs Zoos SA.
Foto: abc
Orang utan Sumatra Kluet membuat musik yang diberi nama Give me a Klue yang direkam oleh pengasuhnya dan akan dijual di situs Zoos SA.

REPUBLIKA.CO.ID, ADELAIDE -- Untuk memperingati Hari Orang Utan Dunia pada 19 Agustus, Kebun Binatang Adelaide, Australia Selatan merilis sebuah lagu bernada jazz sepanjang 35 detik yang dibuat orang utan Sumatra di kebun binatang tersebut, Kluet.

Produser musik orang utan tersebut adalah Pij Olijnyk yang juga adalah pengasuh binatang, menggambarkan musik yang diberi nama Give me a Klue itu yang dibuat menggunakan aplikasi untuk membuat musik. Nada dari musik ciptaan Kluet ini digambarkan sebagai musik jazz modern.

Nama Give me a Klue juga merupakan permainan kata-kata dalam bahasa Inggris dimana ada istilah dalam bahasa Inggris yaitu Give me a Clue yang artinya berikan satu petunjuk, bila seseorang diberi pertanyaan yang sulit dijawab.

Give me a Klue sekarang menjadi kependekan dari Kluet. "Ada beberapa nada dari beberapa lagu jazz klasik di dalamnya. Saya bisa mendengar adanya tema Pink Panther, dan juga ada nada dari lagu The Way You Look Tonight, " kata Olijnyk.

Orang utan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, dan memiliki DNA 97 persen kesamaan dengan manusia.

"Dia hebat, dan orang utan pada umumnya adalah binatang paling jenius di dunia kebinatangan. Khususnya Kluet dia suka bercanda, rasa ingin tahunya tinggi, dan suka mencoba hal-hal baru," katanya.

Nada yang dibuat oleh Kluet yang berusia 20 tahun ini akan dijual di situs Zoos SA, dimana anda bisa membayar untuk nada tersebut yang akan digunakan guna mendukung tiga orang utan asal Sumatra di Kebun Binatang Adelaide.

"Kami hanya ingin mengembangkan kesadaran lebih besar mengenai orang utan di Hari Orang Utan Sedunia," kata Olijnyk.

"Ini adalah kesempatan tidak saja untuk merayakan orang utan, namun juga meningkatkan kesadaran mengenai keberadaan orang utan liar, karena mereka mengalami banyak masalah."

"Orang utan Sumatra seperti Kluet saat ini dalam keadaan kritis, hanya ada sekitar 4.000 sampai 70 ribu di alam lair, dan kita mungkin kehilangan sekitar 1.000 setiap tahun karenanya musnahnya habitat mereka."

Kebun Binatang Adelaide bekerja sama dengan lembaga Wildlife Asia untuk mendukung perlindungan habitat dan usaha penyelamatan orang utan Sumatra.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/orang-utan-kluet-keluarkan-musik-di-itune/7766194
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement