Jumat 19 Aug 2016 22:44 WIB

Kepala Kampanye Donald Trump Undur Diri

Rep: Puti Almas/ Red: Citra Listya Rini
Donald Trump
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ketua kampanye calon presiden dari Partai Republik Donal Trump, Paul Manafort resmi mengundurkan diri. Ia berhenti setelah hanya dalam waktu dua bulan menjalankan tugasnya.

Manafort pertama kali menjadi ketua kampanye Trump, setelah Corey Lewandowski diberhentikan pada Juni lalu. Ia yang merupakan seorang veteran politik disebut memiliki hubungan kuat  dengan mantan presiden Ukraina, Viktor Yanukovych.

Sebelumnya, The New York Times mengabarkan pemerintah Ukraina menemukan pembayaran yang didapatkan Manafort sebesar lebih dari 12 juta dolar AS dari Yanukvych. Namun, dirinya membantah memiliki hal itu, termasuk bekerja bagi Yanukovych.

Namun, belum jelas apakah alasan sebenarnya Manafort mengundurkan diri. Trump diketahui pada awal pekan ini tengah melakukan perombakan kepala eksekutif dan manajer baru untuk kampanye dirinya menghadapi pemilihan November mendatang.

"Pagi ini saya menerima surat pengunduran diri Manafort dan telah menerimanya. Saya sangat menghargainya yang telah membantu melalui cukup banyak proses," ujar Trump dilansir BBC, Jumat (19/8).

Miliarder itu mengatakan proses delegasi dan konvensi dua bulan terakhir ini berjalan cukup baik bersama Manafort. Meski demikian, Trump masih dihadapkan dengan berbagai tekanan, khususnya dalam beberapa pekan terakhir setelah serangkaian pernyataannya yang kontroversial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement