Senin 22 Aug 2016 14:52 WIB

Banjir Besar Landa India

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
 Banjir India (ilustrasi)
Foto: REUTERS/Amit Dave
Banjir India (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BHOPAL -- Banjir besar terjadi di sejumlah wilayah, India, Senin (22/8). Beberapa negara bagian yang terkena bencana ini di antaranya adalah Madhya Pradesh, Bihar, dan Uttar Pradesh. Sedikitnya 17 orang dilaporkan tewas di Madhya Pradesh. Banjir terjadi di lebih dari 10 kabupaten di wilayah itu.

Sementara itu, di Bihar terdapat sekitar 15 ribu warga yang harus dievakuasi dari rumahnya. Sedikitnya ada enam sungai di wilayah itu yang aliran airnya meningkat di atas rata-rata. Sebanyak 80 kamp bantuan telah disediakan untuk mengantisipasi banjir lanjutan.

"Kami menghadapi banyak masalah, banyak harta benda kami terendam air dan tidak ada pengaturan jelas mengenai pembagian makanan dan minuman," ujar  seorang warga di Patna, Bihar seperti dilansir BBC, Senin (22/8).

Bencana banjir sering terjadi di India selama musim hujan antara Juni hingga September. Namun, tahun ini curah hujan lebih tinggi dan rentan mengakibatkan peningkatan aliran air di banyak sungai besar di negara itu. Selama tiga hari terakhir, hujan terus mengguyur sebagian besar wilayah di India.

Di Uttar Pradesh, volume air di Sungai Gangga telah meningkat dan melampaui tanda bahaya. Warga di sekitarnya telah diminta untuk mengungsi ke dataran lebih tinggi.

Baca juga,  41 Orang Tewas Akibat Banjir dan Petir di India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement