Jumat 26 Aug 2016 15:45 WIB

Kapal AS Lepas Tembakan Peringatan ke Kapal Iran

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Kapal Tempur Iran
Foto: irib
Kapal Tempur Iran

REPUBLIKA.CO.ID, PENTAGON -- Sebuah kapal Angkatan Laut Amerika Serikat melepaskan tembakan peringatan ke arah kapal cepat Iran yang mendekati dua kapal AS. Ini merupakan insiden paling serius dalam sepekan di wilayah Teluk.

Juru bicara Pentagon Peter Cook mengatakan pada Kamis (25/8), kapal merasa terdesak hingga harus melepaskan tiga tembakan peringatan. "Mereka beralasan, telah mengambil langkah-langkah untuk mencoba menurunkan ketegangan situasi," kata Cook.

Seperti dilansir Fox News, menurut Pentagon USS Tempest dan Squall beroperasi di perairan internasional utara Teluk Arab saat tiga kapal mendekati dengan kecepatan tinggi. Ini menciptakan bahaya kemungkinan tabrakan. Kemudian Tempest dan Squall diganggu oleh kapal Iran Naser kelas WAP yang berada 200 yard dari Tempest.

Selama insiden itu, Tempest telah menembakkan tiga suar peringatan namun tak dihiraukan hingga membuat Squall terpaksa menembakkan tiga tembakan peringatan dari pistol kaliber 50. Barulah setelahnya kapal Iran berbalik arah.

Baca juga, Kapal Tempur Iran Lecehkan Kapal Penghancur AS.

Dalam insiden lain, kapal perusak rudal USS Stout sedang beroperasi di utara Teluk Arab. Kemudian kapal Iran yang sama, menurut Pentagon, kembali mengusik Stout dengan melakukan tindakan tak aman. Pentagon juga menggambarkan insiden itu selain tak aman juga tak profesional.

Ketegangan telah meningkat di kawasan Teluk dalam beberapa hari terakhir. Meski hubungan Iran dan AS sudah mengalami peningkatan. Bertahun-tahun permusuhan mereda, setelah Washington mencabut sanksi terhadap Teheran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement