Kamis 01 Sep 2016 13:53 WIB

Duduk Berjam-jam Tiap Hari? Ini Cara Melatih Otot Bokong Anda

Otot bokong yang tidak aktif bisa menyebabkan cedera.
Foto:

Anna mengatakan nyeri di betis Anda ketika berlari atau berjalan adalah indikasi tubuh Anda tak menggunakan otot-otot bokong. Salah satu cara untuk mengukur kekuatan bokong Anda adalah mencoba dan bangkit dari posisi satu lutut yang ditekuk ke depan 90 derajat.

Jika Anda tak bisa melakukannya tanpa menegangkan betis atau otot paha, maka otot-otot bokong Anda tak cukup kuat. Indikator lain adalah bokong yang kendor. "Sayangnya, melewati tahapan usia mereka turun ke bawah," ujar Anna-Louise Bouvier.

Meski berdiri di meja tempat kerja adalah tren yang berkembang dan bisa menurunkan risiko kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes, Anna mengatakan, cara Anda berdiri memiliki efek signifikan pada pantat Anda.

Ia mengatakan, jika Anda merosot di satu kaki, seperti kebanyakan, “Seseorang akan mendapatkan semua masalah dari otot-otot yang tak bekerja ini. Jika Anda merosot, bokong Anda tak akan bekerja sama sekali."

Untuk melatih bokong anda, Anna menyarankan lebih memilih tangga ketimbang naik elevator, melakukan gerakan menekuk lutut 90 derajat ke depan di mana pun Anda bisa serta melakukan gerakan jongkok-berdiri.

Bagi orang yang harus duduk sepanjang hari, atau menghabiskan hingga 10 jam sehari duduk di dalam mobil, mereka disarankan berlatih menekuk lutut ke depan selama waktu istirahat.

"Ketika Anda duduk di pantat, gerakkan pantat Anda bersama-sama dan lakukan beberapa gerakan memutar. Trik lainnya adalah ketika Anda pergi ke toilet, sebelum Anda keluar, tutup closet dan lakukan 10 gerakan jongkok naik turun," ujar  Anna-Louise Bouvier.

Bersepeda juga sempurna untuk memperkuat bokong tetapi hanya jika tubuh benar-benar sejajar. "Jika orang menggunakan teknik yang buruk dan mereka sering di sepeda dan kursi yang terlalu tinggi, mereka akan terlalu sering menggunakan paha belakang atau paha depan mereka,” kata Anna.

Latihan yang baik untuk bokong Anda:

• Meregangkan badan. Duduk di kursi, angkat satu kaki setinggi dada dan biarkan pergelangan kaki berada setinggi lutut. Angkat kaki dari dada dan sedikit bersandar ke depan dan rileks.

• Berjalan di atas bukit. Jaga agar lutut Anda tetap sedikit ditekuk dan berusaha dorong dari pinggul ketimbang dari jari-jari kaki Anda. Tongkat berjalan sungguh fantastis untuk membantu Anda melatih bokong.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/duduk-berjamjam-tiap-hari-ini-cara-melatih-otot-pantat-anda/7803394
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement