Kamis 01 Sep 2016 21:48 WIB

Dianggap tak Sopan, Kim Jong Un Eksekusi Pejabat Senior

Rep: Puti Almas/ Red: Budi Raharjo
Kim Jong un
Foto: EPA/KCNA
Kim Jong un

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Presiden Korea Utara dilaporkan telah mengeksekusi seorang pejabat senior di negara itu, Kamis (1/8). Pejabat itu disebut bersikap tidak sopan dengan duduk secara membungkuk selama keduanya melakukan perbincangan. 

Pejabat yang dieksekusi diketahui adalah Menteri Pendidikan Korea Utara bernama Kim Yong Jin. Pria berusia 63 itu ditembak mati oleh regu tembak. 

Pertemuan dilakukan pada 29 Juni lalu ketika Jong Un mengumumkan nama baru untuk mengisi jabatan ketua departemen pertahanan nasional. Namun, YongJin yang membungkuk membuat Jong Un kesal. 

Ia kemudian memberi Yong Jin hukuman di sebuah peternakan. Seperti ditulis metro.co.uk, Jong Un menganggap sikap menteri pendidikan itu selain tidak sopan, tapi juga sangat anti-revolusioner.

Sebelumnya, Jong Un juga dilaporkan telah mengeksekusi seorang pejabat senior lainnya di kementerian pendidikan. Pejabat itu bernama Ri Jong Jin, yang dikatakan tertidur saat rapat bersama. 

Kemudian, seorang menteri pertanian bernama Hwang Min yang menyampaikan ide untuk perkembangan bidang yang ditanganinya juga dieksekusi. Namun, Pemerintah Korea Utara membantah laporan tersebut. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement