Senin 05 Sep 2016 10:21 WIB

Tidak Ada Karpet Merah untuk Obama

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden AS Barack Obama tiba di Hanzhou, Cina, untuk mengikuti KTT G20, Sabtu (3/9).
Foto: Reuters/Damir Sagolj
Presiden AS Barack Obama tiba di Hanzhou, Cina, untuk mengikuti KTT G20, Sabtu (3/9).

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Ada yang aneh dalam foto-foto kedatangan Presiden AS Barack Obama di bandara Hangzhou, Cina beberapa waktu lalu. Ia turun dari Air Force One dengan tangga seadanya, tanpa karpet merah seperti kunjungan-kunjungan lain sebelumnya.

Obama menghadiri KTT G20 yang tahun ini diselenggarakan di Cina. Hari pertamanya di negara pimpinan Xi Jinping itu cukup mengundang keheranan. Namun ia mengatakan, tak akan berlebihan membahas insiden tersebut.

Selain masalah tangga pesawat dan karpet merah, insiden juga terjadi antara jurnalis AS dengan pejabat Cina sesaat setelah turun dari Air Force One. "Saya tidak akan melebih-lebihkannya," kata Obama dalam konferensi pers, Ahad (4/9) sore.

Semua keganjilan dimulai ketika pesawat kepresidenan AS mendarat di Hangzhou. Saat itu, protokol tidak berjalan dan seisi Air Force One harus menunggu tangga untuk turun. Hingga akhirnya Obama memutuskan turun menggunakan tangga pesawat di pintu dekat ekor pesawat.

Baca juga, Lokasi G20 di Cina Jadi Kota Hantu.

Foto-foto saat Obama turun pesawat disandingkan dengan Narendra Modi dalam momen yang sama. Terlihat pemimpin India itu turun dari pesawat dengan menggunakan tangga berkarpet merah dan berlampu. Modi tiba pada malam hari.

Tak hanya di tangga, karpet merah juga tidak tampak di landasan. Sekali lagi, Obama harus menelan ludah dan berjalan di atas aspal landasan pesawat. Mungkin Obama adalah satu-satunya pemimpin yang tidak berkarpet merah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement