Selasa 06 Sep 2016 02:32 WIB

Turki Kirim Bantuan untuk Warga Gaza

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Nidia Zuraya
korban kebiadaban militer israel terhadap warga gaza, palestina
Foto: dok. abdillah onim
korban kebiadaban militer israel terhadap warga gaza, palestina

REPUBLIKA.CO.ID, ASHDOD -- Kapal bantuan kemanusiaan kedua dari Turki untuk Gaza telah berlabuh di Ashdod, Senin (5/9). Kapal diterima Kuasah Usaha Turki di Tel Aviv, Cem Utkan, bersama petinggi dari sejumlah asosiasi amal Turki.

Dilansir dari Anadolu Agency, Senin (5/9), kapal yang berangkat ke Israel pada Jum'at (2/9) dari Mersin membawa sekitar 2.500 ton bantuan kemanusiaan. Ini merupakan kali kedua bantuan Turki tiba di Ashdod, setelah Juli mengirim kapal Lady Leyla, yang membawa bantuan untuk orang-orang di Jalur Gaza.

Pengiriman bantuan yang tiba di Ashdod, termasuk bahan makanan dan pakaian, 1.000 sepeda untuk anak-anak dan 100 kursi roda untuk disabilitas. Setelah tiba di Ashdod, bantuan akan dibawa menggunakan truk ke Jalur Gaza, dan diharapkan bantuan tiba sebelum Idul Adha yang kemungkinan jatuh pada 12 September 2016.

Masuknya bantuan Turki ke Gaza merupakan buah kesepakatan yang ditandatangai musim panas Turki dan Israel, demi memulihkan hubungan diplomatik yang sempat absen enam tahun. Menurut pejabat Turki, Tel Aviv telah memenuhi seluruh prasyarat Ankara untuk normalisasi hubungan diplomatik kedua negara.

Hubungan diplomatik Turki dan Israel terputus pada 2010, setelah pasukan komendo Israel menyerbu kapan bantuan Turki untuk Gaza. Serangan itu mengakibatkan sembilan aktivis Turki meninggal dunia, 30 orang terluka dan satu di antaranya meninggal akibat luka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement