Kamis 08 Sep 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Eisenhower Umumkan Italia Menyerah di PD II

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Presiden ke 34 AS, Dwight D Eisenhower.
Foto: whitehouse.gov
Presiden ke 34 AS, Dwight D Eisenhower.

REPUBLIKA.CO.ID, Jenderal Dwight D Eisenhower mengumumkan, Italia telah menandatangani gencatan senjata tanpa syarat dengan Sekutu pada 8 September 1943. Pernyataan penyerahan diri ditandatangani secara rahasia oleh wakil dari Marsekal Pietro Badoglio, Perdana Menteri Italia sejak kejatuhan Benito Mussolini pada Juli.

Jenderal Eisenhower mengatakan Pemerintah Italia telah setuju mengakhiri semua permusuhan dengan PBB. Marsekal Badoglio bahkan mengisyaratkan rakyatnya untuk berbalik melawan mantan sekutu mereka, Jerman.

"Semua orang Italia kini membantu mengusir Jerman dari tanah Italia dan akan mendapat bantuan, serta dukungan dari PBB," ujar Eisenhower, dalam siaran di radio Algiers, seperti dikutip dari BBC.

Radio Jerman menyiarkan pernyataan kemarahan untuk Marsekal Badoglio yang meminta gencatan senjata kepada sekutu. Jerman menyebut Italia melakukan pengkhianatan. Sebelumnya, Marsekal Badoglio bersikeras mengatakan kepada Jerman bahwa Italia tidak menyerah, namun hal tersebut terbukti benar.

"Tirai telah terbuka, Italia telah menjadi budak Yahudi dan orang asing," ujar penyiar radio Jerman.

Namun Presiden Amerika Serikat Franklin D Roosevelt mengatakan, terlalu dini bagi AS untuk menganggap penyerahan diri Italia adalah akhir dari perang Mediterania.

"Kabar besar yang didapat dari Jenderal Eisenhower bukan pertanda kita harus merayakan kemenangan. Perayaan itu belum saatnya dilakukan," ujar Roosevelt.

Selanjutnya: Aliansi Militer SEATO Resmi Didirikan

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement