Kamis 08 Sep 2016 15:32 WIB

Trump: Vladimir Putin Lebih Baik daripada Obama

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Donal Trump
Foto: VOA
Donal Trump

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump, kembali memberikan pujian kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin.  Pujian disampaikan setelah adanya pertanyaan dari veteran militer negara itu.

Trump mengatakan, Putin adalah pemimpin yang jauh lebih baik daripada Presiden AS Barack Obama. Miliarder itu juga menyebut bahwa Putin memiliki kontrol yang besar atas Rusia dan hal ini sangat patut untuk dicontoh oleh para pemimpin dunia.

Dalam acara itu, sejumlah pertanyaan juga diberikan, di antaranya mengenai bagaimana meredakan ketegangan antara AS dan Rusia, seperti yang terjadi selama ini. Ia mengatakan akan membuka kerja sama dan menjalin hubungan sangat baik dengan Putin.

"Saya berpikir saya akan berhubungan baik dengan dia (Putin) jika terpilih dalam pemilihan November mendatang," ujar Trump dalam sebuah acara forum di Balai Kota New York, seperti dilansir BBC, Kamis (8/9).

Trump sebelumnya pernah dikritik atas pujian yang juga pernah ia berikan kepada Putin dan beberapa pemimpin negara lainnya. Ia mengatakan sangat senang dapat memuji Putin.  "Jika Putin mengatakan hal-hal baik tentang saya, maka saya akan mengatakan hal serupa tentang dia," kata Trump menambahkan.

Baca juga,  Kronologi Pertikaian Trump dengan Keluarga Muslim AS.

Trump juga menjelaskan, pujian yang dapat diterimanya dari Putin tidak akan mempengaruhi ia saat menjadi Presiden AS. Pengaruh tersebut dalam hal pengambilan keputusan dan kebijakan apa pun. Desember lalu, ia merasa sangat terhormat saat Putin memuji dirinya sebagai orang berbakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement