Selasa 13 Sep 2016 07:09 WIB

Kanada Temukan Bangkai Kapal Legendaris John Franklin

Rep: Gita Amanda/ Red: Andi Nur Aminah
Bangkai kapal (ilustrasi)
Foto: home.bt.com
Bangkai kapal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Penjelajah telah menemukan bangkai kapal kedua Inggris HMS Terror yang hilang dalam bencana pada ekspedisi Sir John Franklin ke Kanada. Kapal ditemukan dalam kondisi asli.

Seperti diberitakan The Guardian, The Arctic Research Foundation pada Senin (12/9) mengirimkan kapal untuk membantu mencari kapal. Menurut juru bicara The Arctic Research Foundation, kapal ditemukan dalam kondisi asli di bagian bawah teluk awal bulan ini.

Sir John Franklin dan 128 krunya di HMS Terror dan Erebus semuanya tewas setelah kapal terjebak dalam lautan es selama penjelajahan untuk menemukan bagian dongeng Arktik di Samudera Atlantik dan Pasifik. Nasib kapal tetap menjadi salah satu misteri besar dalam sejarah Kanada selama hampir 170 tahun. Pada September 2014 lalu, tim menemukan bangkai kapal Erebus.

Kementerian Federal Kanada yang mengkoordinasikan pencarian HMS Terror mengatakan sedang memverifikasi laporan itu. Sementara Reuters belum dapat menghubungi The Arctic Research Foundation.

Ekspedisi Franklin telah menjadi bagian dari cerita rakyat Kanada, sebagian karena nasib mengerikan para kru. Cerita yang berkembang menggambarkan kanibalisme di antara para pelaut yang putus asa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement