Selasa 13 Sep 2016 19:24 WIB

Iran Luncurkan Kapal Baru di Tengah Ketegangan dengan AS

Sejumlah Kapal Perang Iran
Sejumlah Kapal Perang Iran

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Garda Revolusi Iran meluncurkan kapal angkatan laut sepanjang 55 meter, Selasa (13/9), yang mampu mengangkut sebuah helikopter dan 100 personel, kata laman televisi pemerintah.

Peluncuran kapal di kota pelabuhan Bushehr itu dilakukan di tengah peningkatan ketegangan Iran dengan Amerika Serikat terkait perairan Teluk. Pejabat AS mengatakan lebih dari 30 kali kapal Iran dan AS nyaris bentrok di Teluk, lebih dari dua kali jika dibandingkan dengan masa sama 2015.

Pada 4 September, sebuah kapal patroli pantai AL AS mengubah haluan setelah kapal serbu cepat Garda Revolusi Iran muncul dalam jarak 91 meter di Teluk tengah, setidak-tidaknya kejadian keempat dalam kurang dari setahun.

Baca: Unjuk Kekuatan, Pesawat Pengebom AS Hilir Mudik di Langit Korsel

"Kapal ini meningkatkan kekuatan penghalang Iran dan akan memiliki efek pada kalkulasi musuh, terutama Amerika," kata kepala AL Garda Revolusi Laksamana Muda Ali Fadavi saat peluncuran, seperti dikutip TV pemerintah.

Fadavi tidak menyebutkan apakah kapal itu dilengkapi dengan kemampuan persenjataan. Foto di laman TV pemerintah tersebut menunjukkan sebuah helikopter berada di dek atas kapal.

Kapal itu dibangun di Bushehr oleh Khatam al Anbia, perusahaan konstruksi dan permesinan besar dengan diawasi Garda Revolusi. Spanduk di samping kapal saat peluncuran bertuliskan "Amerika harus pergi ke Teluk Babi, Teluk Persia adalah rumah kami", merujuk pada upaya kacau AS untuk menggulingkan pemimpin Kuba Fidel Castro pada 1961.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement