Rabu 14 Sep 2016 13:10 WIB

Iran Ancam Tembak Jatuh Dua Pesawat Amerika

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Jet tempur AS.
Foto: Reuters
Jet tempur AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Militer Iran mengancam akan menembak jatuh dua pesawat angkatan laut milik Amerika Serikat di atas Selat Hormuz.

"Iran mengancam akan menjatuhkan pesawat kami. Mereka juga mengancam akan menembakkan misil kepada pesawat kami," kata seorang sumber di angkatan laut AS seperti dilansir Al Arabiya, Selasa, (13/9).

Dua pesawat angkatan laut Amerika diketahui sedang melakukan patroli di Selat Hormuz. Mereka mendapatkan panggilan dari Angkatan Udara Iran agar segera meninggalkan Selat Hormuz.

Namun dua pesawat Amerika tersebut tak mempedulikan peringatan Iran. Mereka tetap menjalankan misinya di Selat Hormuz. Amerika disebut hanya mengetes bagaimana reaksi Iran terhadap mereka.

Pentagon menyatakan, terdapat beberapa kali insiden di Teluk. Insiden tersebut tak profesional dan sangat berbahaya.

Kapal Amerika pernah menembakkan tembakan peringatan kepada kapal Iran. Sebab kapal Iran berlayar begitu dekat dengan kapal Amerika dan situasi menjadi tak aman.

Baca juga, Kapal Tempur Iran Lecehkan Kapal Penghancur AS.

Pejabat Angkatan Laut Amerika menyatakan, kapal Amerika dan kapal Iran bertemu sebanyak 300 kali pada 2015. Pada tahun ini sebanyak 250 kali lebih. Sebanyak 10 persen pertemuan ini tak aman dan tak profesional.

Pada Januari lalu Angkatan Laut Iran menangkap dua kapal patroli Amerika. Kapal Amerika merangsek masuk ke perairan Iran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement