Kamis 15 Sep 2016 07:59 WIB

Hillary Clinton dalam Kondisi Sehat dan Bugar

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Calom presiden AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton.
Foto: AP
Calom presiden AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Hillary Clinton telah berada dalam kondisi sehat dan bugar. Dokter pribadinya, Lisa Bardack mengatakan ia telah kembali prima setelah didiagnosis menderita pneumonia atau radang paru-paru.

"Clinton telah pulih dengan antibiotik dan istirahat. Kini ia kembali sehat dan bugar seperti sebelumnya," ujar Bardack dilansir BBC, Kamis (15/9).

Dalam pemeriksaan kesehatan terbaru pada Rabu (14/9), Clinton hanya memiliki pneumonia ringan dan bakteri tidak menular. Ia juga dinyatakan normal dan berada dalam kondisi mental yang baik.

Masalah kesehatan perempuan berusia 68 itu menjadi isu dalam kampanye dari rival Clinton, calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump. Trump merilis data kesehatannya sendiri dalam sebuah acara Dr Oz Show.

Miliarder itu kemudian mengatakan seharusnya orang-orang mengkhawatirkan kondisi kesehatan Clinton. Menurut Trump, saingannya tersebut tidak akan mampu menjadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam karena memiliki penyakit dan tubuh yang lemah.

"Anda pikir Hiillary akan mampu berdiri di sini selama satu jam? Saya rasa tidak, dia kini hanya berbaring di tempat tidur," kata Trump dalam acara tersebut.

Masalah kesehatan Clinton muncul ketika dirinya meninggalkan upacara peringatan tragedi 11 September di New York. Saat itu ia merasa pusing dan harus beristirahat. Ia juga membatalkan beberapa kampanye yang dijadwalkan.

Ia akan kembali melakukan kampanye pada Kamis (15/9). Sebelumnya, saat Clinton menjabat sebagai menteri luar negeri AS, dirinya pernah dirawat di rumah sakit karena komplikasi beberapa penyakit.

"Namun, ia kini telah benar-benar sehat bugar, dan tentunya siap menjadi Presiden AS," kata Bardack.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement