Sabtu 17 Sep 2016 10:43 WIB

980 Juta Liter Radioaktif Cemari Sumber Air Florida

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Air Menetes
Foto: Agung Suprianto/Republika
Ilustrasi Air Menetes

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Sumber air minum utama di Florida tercemar radioaktif. Dilansir dari BBC, Sabtu (17/9), pejabat AS menyebut sebanyak 980 juta liter air radioaktif telah bocor ke sumber utama air minum bawah tanah di Florida.

Pencemaran ini terjadi setelah sebuah lubang hitam besar terbuka di bawah fasilitas penyaring fosfat dekat Tampa sehingga pembatas penyimpanan limbah air rusak. Air pencemar berisi fosfogipsum pun mengalir ke sumber mata air.

Fosfogipsum adalah produk radioaktif dari produksi penyaringan. Perusahaan fosfat, Mosaic mengatakan kebocoran ini tidak berisiko untuk publik. Pasalnya air terkontaminasi tidak sampai pasokan pribadi.

Perusahaan juga mengatasi kebocoran ini dengan menggunakan pompa. "Pergerakan air di bawah tanah sangat lambat," kata pejabat senior Mosaic, David Jellerson, dikutip AP.

Meski demikian, Direktur Center for Biological Diversity Florida Jacki Lopez sulit mempercayai Mosaic. "Sulit mempercayai ketika mereka berkata jangan khawatir, padahal mereka juga merahasiakan ini selama tiga pekan," kata Lopez pada Reuters.

Lubang besar atau sinkhole penyebab insiden ini memiliki diameter sekitar 14 meter. Lubang yang timbul di fasilitas New Wales di kota Mulberry itu ditemukan petugas perusahaan pada 27 Agustus lalu.

Lubang kemudian menyebabkan kolam penampungan limbah kering. Air terkontaminasi itu telah meresap ke dalam akuifer. Akuifer adalah sistem masif bawah tanah yang terdiri dari batuan berpori yang menahan air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement