Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Penelitian Terbaru: Pokemon Go Berbahaya Bagi Pengendara

Ahad 18 Sep 2016 08:11 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Angga Indrawan

Pokemon Go

Pokemon Go

Foto: GSM Arena

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian terbaru mengemukakan permainan Pokemon Go meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas karena mengalihkan perhatian pengendara. Ketika pertama kali diluncurkan banyak dokter yang mengapresiasi gim ini.

Ini karena Pokemon Go mengajak pemainnya untuk keluar dan menggerakan tubuh mereka saat mencari dan menangkap karakter virtual dalam gim tersebut. Namun gim ini menjadi berbahaya bagi pemainnya jika dimainkan di atas kendaraan.

Dilansir livescience.com para pemain mulai menggunakan mobil untuk mencari Pokemon. Dengan cara tersebut mereka menghilangkan banyak manfaat dan berisiko tinggi.

Sebuah penelitian yang ditulis di Jurnal JAMA Internal Medicine menunjukan sekitar 60 persen kecelakaan yang terjadi pada pengendara muda disebabkan karena perhatian mereka yang teralihkan selama enam detik. Penelitian yang dipimpin oleh John Ayers seorang peneliti dari San Diego State University mengestimasi berapa banyak pemain Pokemon Go menggunakan mobil dari Twitter.

Para peneliti mencari tweet dari tanggal 10 Juli sampai 19 Juli. Mereka mencari kata "Pokemon", "driving", "drives","drive" dan "car". Lebih dari 345 ribu twit cocok dengan kriteria yang telah ditentukan tersebut.

Para peneliti menyeleksi 4.000 twit secara acak dan mengelompokkannya ke dalam tiga kategori, tergantung twit yang masuk dalam kreteria. Kategori pertama pemain yang bermain menggunakan mobil, kategori kedua pemain yang berjalan di pedestrian tapi teralihkan dan tidak memperhatikan lalu lintas dan kategori terakhir pemain yang bermain dalam keadaan aman atau tidak masuk kategori mana pun.

Setelah dianalisis sekitar 33 persen para pemain Pokemon Go menggunakan mobil atau perhatiannya teralihkan. Peneliti menemukan 18 persen twit menunjukan orang-orang berkendara sambali bermain gim.  "Ya Tuhan saya menangkap Pokemon dan berkendara," tulis salah satu twit.

Sementara itu 11 persen twit menunjukan penumpang mobil yang bermain gim."Ibuku mengemudi untuk menolongku menangkap pokemon," salah satu twit.

Dan empat persen lainnya teralihkan saat bermain Pokemon Go di pedestrian. "Baru saja melihat seorang anak terserempet mobil saat mencoba menangkap Pokemon," tulis salah satu contoh twit.

Selain itu, para peneliti juga menemukan berita 14 tabrakan yang terjadi karena Pokemon Go. Penemuan ini menunjukan Pokemon Go menjadi salah satu hal yang mengalihkan perhatian pengendara maupun pejalan kaki.
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA