Kamis 22 Sep 2016 12:21 WIB

Istri CEO Facebook Donasikan Rp 39 T untuk Penelitian Medis

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
CEO Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan
Foto: AFP
CEO Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO - Istri CEO Facebook Mark Zuckerberg, Priscillia Chan, mengatakan akan memberikan donasi sebesar 3 miliar dolar AS atau Rp 39 triliun untuk penelitian medis. Ia ingin donasi tersebut bisa membantu menyembuhkan, mencegah, dan mengelola penyakit yang berkembang di abad ke-21 ini.

"Bisakah kita menyembuhkan semua penyakit dalam hidup anak-anak kita?," ujar Chan, di San Francisco, dikutip dari The Guardian.

Chan meluncurkan organisasi filantropi pada Desember 2015 bernama Chan Zuckerberg Initiative atau CZI. Organisasi yang diluncurkan bertepatan dengan kelahiran anak Chan, Maxima Chan Zuckerberg, itu bertujuan untuk memajukan potensi manusia dan mempromosikan kesetaraan.

CZI meluncurkan program baru yang disebut Chan Zuckerberg Science (CZS), yang akan mempertemukan tim ilmuwan dan insinyur untuk membangun alat-alat baru untuk penelitian medis.

"Sebagai dokter anak, saya telah bekerja dengan banyak keluarga di saat-saat paling sulit dalam hidup mereka. Kami akan berinvestasi dalam penelitian ilmu dasar dengan tujuan menyembuhkan penyakit," ungkapnya.

CZS akan bekerjasama dengan Universitas California, San Francisco, dengan Universitas Stanford dan Universitas California, Berkeley.

Mark Zuckerberg menambahkan, saat ini ada empat jenis penyakit yang menyebabkan mayoritas kematian di dunia. Penyakit-penyakit tersebut adalah kanker, penyakit jantung, penyakit menular, dan penyakit saraf.

"Kita bisa membuat kemajuan dengan teknologi yang tepat," tutur Zuckerberg.

Menurut Zuckerberg, saat ini Amerika Serikat menghabiskan dana 50 kali lebih banyak untuk mengobati orang sakit, dibandingkan dengan menemukan obat bagi penyakit tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement