Ahad 25 Sep 2016 23:10 WIB

Pemimpin Boko Haram Nyatakan Diri Masih Hidup

Pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau.
Foto: Reuters
Pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau.

REPUBLIKA.CO.ID, BAUCHI -- Pemimpin kelompok keras Nigeria, Boko Haram, Abubakar Shekau muncul dalam video di media gaul pada Ahad (25/9), tempat dia menyangkal pernyataan militer negara itu, yang menyebutnya luka parah.

Angkatan udara Nigeria pada bulan lalu mengatakan menewaskan sejumlah petinggi kelompok itu. Mereka menyebut Shekau terluka parah.

"Anda menyiarkan berita dan menerbitkannya dalam sejumlah media kalian melukai dan menewaskan saya dan di sinilah saya berada," kata pria mengaku sebagai Shekau berbicara dalam video, yang ditujukan kepada tirani di Nigeria pada khususnya dan Afrika barat pada umumnya.

"Saya tidak akan tewas sebelum waktunya," tambah dia dalam video 40 menit, yang diunggah di YouTube dan disampaikan dalam bahasa Arab dan Hausa.

Militer melaporkan kematian Shekau, tapi seorang pria mengaku sebagai dirinya muncul di kemudian hari, yang tampak tidak luka sedikit pun, dan membuat pernyataan dalam video.

Pengumuman dari angkatan udara pada bulan lalu itu keluar setelah ISIS, kelompok yang diikuti oleh Boko Haram pada tahun lalu, mengumumkan penunjukan pemimpin baru di kelompok Afrika barat yang tampak ditentang Shekau.

Pengumuman itu kemudian disangkal dalam rekaman suara 10 menit di media gaul oleh pria mengaku sebagai Shekau, yang mengungkapkan perpecahan dalam kelompok keras tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement