Rabu 28 Sep 2016 09:15 WIB

Clinton Sebut Trump Pernah Memperolok 'Miss Piggy'

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari
Calon presiden Partai Republik AS Donald Trump dan Calon presiden Partai Demokrat Hillary Clinton sebelum debat dimulai di Hofstra University, Hempstead, New York, Senin, 26 September 2016.
Foto: AP Photo/ Evan Vucci
Calon presiden Partai Republik AS Donald Trump dan Calon presiden Partai Demokrat Hillary Clinton sebelum debat dimulai di Hofstra University, Hempstead, New York, Senin, 26 September 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Nama Alicia Machado sempat disebut-sebut dalam debat calon Presiden Amerika Serikat (AS) antara Hillary Clinton dan Donald Trump. Dia adalah Miss Universe 1996 yang berasal dari Venezuela.

Trump, kata Clinton, pernah mengejek Machado dengan sebutan 'Miss Piggy' karena berat badannya bertambah. Miss Piggy merupakan salah satu karakter dari serial anak-anak populer di AS, The Muppets. Miss Piggy digambarkan sebagai wanita bertubuh gemuk.

Namun Trump buru-buru menyanggah tudingan tersebut. Dikutip dari BBC News, calon Presiden dari Partai Republik ini mengatakan Machado mengalami kelebihan berat badan yang terlampau besar sehingga dikhawatirkan akan membuat masalah untuk kontes Miss Universe. Trump merupakan salah satu pemilik perusahaan yang menyelenggarakan kontes tersebut.

Dalam debat pertama itu, Trump enggan menyebut nama Machado. Hal tersebut pun langsung mendatangkan teguran dari Hillary. "Dia punya nama, namanya Alicia Machado dan dia telah menjadi warga negara Amerika Serikat. Dia akan ikut memilih pada November ini," kata Clinton.

Setelah perdebatan, Hillary pun mengunggah sebuah video kampanye di mana Machado menjelaskan bagaimana ia telah diperlakukan oleh  Trump. Perempuan kelahiran 6 Desember 1976 ini pun menulis sebuah cicitan di akun Twitternya. "Terima kasih kepada Hillary Clinton karena telah menyebut saya dalam debat," tulisnya dalam akun @machadoofficial. Machado pun menulis bahwa ia telah menerima paspor AS dan siap memilih untuk negaranya. "Untuk Anda, Hillary Clinton, untuk putri saya, untuk pekerja perempuan," ujarnya.

Machado dalah seorang aktris, penyanyi, dan juara Miss Universe 1996. Dia adalah wanita keempat dari Venezuela yang memenangkan gelar dan mahkota Miss Universe.

Machado memenangkan kontes Miss Venezuela 1995 mewakili Yaracuy dan kemudian memenangkan mahkota Miss Universe 1996 di Las Vegas. Runner up, Jacqueline Aguilera, juga memenangkan mahkota Miss World 1995, menandai kedua kalinya bahwa dua wanita Venezuela dari kontes yang sama memenangkan dua gelar juara dunia. Pemerintahan Machado datang ketika Donald Trump mengambil kepemilikan kontes Miss Universe.

Selama menjabat Miss Universe, Machado menjadi berita utama ketika dilaporkan bahwa ia bertambah berat badan terlalu banyak dan Organisasi Miss Universe sedang mempertimbangkan mengganti dengan runner up-nya, Taryn Mansell Aruba. Pada akhirnya, Machado mampu mempertahankan gelarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement