Rabu 12 Oct 2016 07:17 WIB

Sejarah Hari Ini: Roosevelt Ubah Nama Executive Mansion Menjadi Gedung Putih

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Gedung Putih
John Dillinger

Pada 12 Oktober 1933 seorang gangster terkemuka di Amerika bernama John Dillinger melarikan diri dari penjara di Allen County, Ohio. Ia telah melakukan kejahatan berulang kali namun tak pernah kapok untuk melakukan kejahatan lagi.

Dillinger sangat terkenal di Amerika pada era 30-an. Sebab ia membuat para polisi kalang kabut dan kesulitan untuk menangkapnya.

Dillinger memiliki rekor merampok bank hingga 24 kali. Artinya dia memiliki keahlian merampok yang luar biasa sehingga membuat polisi bingung bukan kepalang. Dia juga pernah menyerang empat kantor polisi seolah mau mempermainkan para polisi yang berusaha menangkapnya.

Ia merasa sebagai Robin Hood modern saat Amerika mengalami depresi ekonomi. Dillinger bersama Bonnie and Clyde, Ma Barker, Machine Gun Kelly merupakan gangster kelas kakap yang sangat terkenal di Amerika kala itu. Mereka berempat sering menjadi berita utama di berbagai media kala itu.

Pada tanggal yang sama, 12 Oktober 1933 Machine Gun Kelly yang bernama asli George Francis Barnes malah diganjar penjara seumur hidup. Ia telah melakukan berbagai kejahatan seperti penyelundupan, perampokan bank beberapa kali, termasuk menculik pengusaha. Saat Dillinger melarikan diri, justru  Machine Gun Kelly masuk penjara.n dyah ratna meta novia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement