Selasa 18 Oct 2016 07:25 WIB

Bentrokan di Penjara Brasil, 8 Orang Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Nidia Zuraya
Penjara (ilustrasi)
Foto: pixabay
Penjara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO VELHO -- Bentrokan terjadi sebuah penjara kota Porto Velho di Brasil. Akibat insiden itu, delapan narapidana tewas. 

Menurut keterangan kepala penjara bernama Enio Dos Santos, seperti dilansir BBC, Senin (17/10), bentrokan dipicu oleh pengalihan pemimpin geng kriminal ke tahanan. Di dalam penjara itu, banyak terdapat anggota kelompok kriminal saingannya. 

Pihak berwenang meyakini bentrokan ini masih berkaitan dengan insiden serupa yang terjadi di negara bagian Roraima. Di sana, perkelahian sesama narapidana yang terbagi atas dua kelompok terjadi dan menyebabkan 10 diantar mereka tewas. 

Insiden di Roraima terjadi selama jam berkunjung. Sebanyak 100 pengunjung juga sempat mengalami penyanderaan, namun telah dibebaskan. 

Brasil menjadi salah satu negara yang memiliki populasi penjara terbesar di dunia. Di negara itu terdapat lebih dari 620 ribu narapidana. 

Banyak pemimpin kelompok kejahatan yang di penjara menjadi penguasa dan dapat mengintimidasi tahanan lainnya. Bahkan, meski mereka dipindahkan ke penjara yang jauh dari wilayah asal, berbagai tindak kriminal yang terorganisir tetap dapat dilakukan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement