Jumat 21 Oct 2016 18:50 WIB

Ini Berbagai Skenario Rute Pelarian al Baghdadi ke Suriah

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Budi Raharjo
Abu Bakar al-Baghdadi
Abu Bakar al-Baghdadi

REPUBLIKA.CO.ID, MOSUL -- Para pemimpin ISIS diperkirakan sudah melarikan diri dari Mosul, Irak, untuk menghindari diri dari serangan pasukan koalisi. Pemimpin ISIS Abu Bakar al Baghdadi termasuk sosok yang dikabarkan telah pergi dari Mosul.

Baghdadi diperkirakan melarikan diri dari Kota Mosul melalui distrik Al Ba'aj, Hadar, dan Taal Afer. Ini merupakan jalan terpendek menuju Kota Raqqa di Suriah.

Namun Baghdadi juga bisa melarikan diri dari Mosul lewat distrik Taal Afar, Al Qahtaniya, Al Hasakah kemudian menyeberang ke perbatasan Suriah menuju Kota Raqqa di mana banyak sekutu ISIS. Perjalanan ini sejauh 506 kilometer (km) dengan waktu tujuh sampai delapan jam perjalanan.

Baghdadi juga bisa menempuh jalur selatan melalui distrik Al Ba'aj, Al Hadar, Al Haditha, Al Qaim, Al Mayadin, Deir ez Zor menuju Raqqa. Jarak tempuhnya 702 km dengan waktu sembilan jam perjalanan.

Seperti dilansir Alarabiya, Kamis, (20/10), ia  juga bisa melalui Al Ba'aj menuju utara ke Sinjar yang langsung mengarah ke Raqqa, Suriah. Jarak tempuhnya enam jam, 36 menit.

Dari Al Ba'aj, Baghdadi juga bisa menuju ke Al Qaim, Al Bukamel, Deir ez Zor kemudian ke Raqqa. Jarak tempuhnya 605 km selama delapan jam dan 43 menit dengan mobil.

Pelarian Baghdadi ke Suriah tak hanya terbatas menuju Raqqa. Ia juga bisa menuju Al Hasakah dan  Deir ez Zor sebab keduanya termasuk sekutu kuat ISIS.

Perlu diketahui Al Ba'aj, Hatra, dan Tal Afaar merupakan wilayah di bawah kekuasaan Irak yang langsung terhubung ke perbatasan Suriah. Perbatasan ini bisa dilalui melalui perjalanan darat dari Irak bagian utara hingga Al Qaim. Perbatasan utara Suriah sangat luas melebar hingga 450 km yang terdiri dari area padang pasir yang susah dikontrol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement