Ahad 23 Oct 2016 11:29 WIB

Tentara Irak Ambil Alih Desa-Desa Kristen dari ISIS

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Kota Mosul yang dikuasai ISIS.
Foto: Reuters
Kota Mosul yang dikuasai ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, QAYYARA -- Tentara Irak mendesak masuk ke wilayah kristen di Desa Karamless. Mereka memaksa ISIS keluar dari desa Kristen yang dikuasainya tersebut.

ISIS menduduki Karamless sejak 2014. Karamless terletak 20 km di selatan Mosul. Sebelumnya tentara Irak juga mengambil alih desa kristen, Bartella dari tangan ISIS. Bartella berada di utara Qaraqosh.

Seorang pejabat militer Amerika mengatakan, saat ini hanya ada beberapa ratus tentara ISIS di Qaraqosh. "Saya melihat tanggul di Qaraqosh, saya juga mengantisipasi jika di sana ada parit. Selain itu juga terdapat lorong-lorong di antara bangunan yang berbeda," katanya, Sabtu, (22/10).

Saat ini tentara Irak sudah mengambil alih 50 desa dari kekuasaan ISIS. Tentara Irak bersama tentara koalisi yang dipimpin Amerika, dan tentara Kurdi siap merangsek Mosul. Di Mosul terdapat 5.000 sampai 6.00 tentara ISIS.

Perdana Menteri Irak Haider al Abadi menolak bantuan Turki dalam menghadapi tentara ISIS di Mosul. "Saya tahu Turki sangat ingin berpartisipasi dalam perang melawan ISIS, saya ucapkan terima kasih banyak."

Namun, Abadi menegaskan, Irak tak membutuhkan bantuan Turki. Irak akan mengatasi masalah ISIS sendiri.

"Kalau kami membutuhkan bantuan, kami akan memintannya dengan segera. Kami bisa meminta bantuan Turki atau dari negara regional lainnya," katanya.

Baca juga, Irak Umumkan Serangan Rebut Kembali Mosul.

Pertempuran antara tentara Irak bersama tentara koalisi, dan tentara Kurdi melawan ISIS merupakan pertempuran paling besar di Irak sejak Amerika menginvasi Irak pada 2003. Dalam pertempuran ini dibutuhkan banyak operasi kemanusiaan untuk membantu korban perang.

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement