Selasa 25 Oct 2016 09:32 WIB

Seorang Peselancar Digigit Hiu di Byron Bay

Layanan darurat di lokasi terjadinya serangan hiu di selatan Byron Bay yang terjadi senin pagi (24/10).
Foto: abc
Layanan darurat di lokasi terjadinya serangan hiu di selatan Byron Bay yang terjadi senin pagi (24/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BYRON BAY -- Seorang pria digigit di bagian kakinya oleh hiu di dekat Byron Bay, di pesisir utara New South Wales. Serangan hiu itu terjadi di sebuah pantai yang terletak antara Suffolk Park dan Broken Head, tepat menuju selatan Cape Byron.

Seorang warga yang menyaksikan serangan itu, Geoffrey Knapp mengatakan korban adalah bagian dari kelompok peselancar di wilayah tersebut. Knapp mengatakan pada Senin pagi (24/10) memang terlihat ada lumba-lumba yang berenang bersama dengan para peselancar.

"Tepat di sebelah utara saya, saya melihat dua orang peselancar mulai mengayuh papan selancar mereka dengan cepat ke arah pantai dan saya menduga ‘ini sedikit aneh’, mungkin mereka ketakutan oleh lumba-lumba dan mereka telah keliru lumba-lumba itu ternyata hiu,“ kata Knapp.

Teman saya melambaikan tangan padaku dan dia juga menuju ke pantai jadi saya tahu ada sesuatu yang salah. Jadi kami berempat berlari menuju ke pantai. Knapp mengatakan mereka menggunakan perangkat pertolongan pertama dari mobilnya untuk mengurus tiga buah luka tusukan di bagian paha korban.

Layanan darurat juga segera tiba di lokasi serangan hiu dan korban dilarikan ke Rumah Sakit Byron Bay. Polisi NSW mengatakan pria berusia 36 tahun itu mendapat luka tusukan di bagian atas paha kirinya. Korban dibolehkan meninggalkan rumah sakit setelah luka ringan yang dideritanya diobati.

Sirene telah dibunyikan untuk mengosongkan perairan dan pantai tersebut telah ditutup, namun sejumlah orang dilaporkan tidak mempedulikan peringatan tersebut. Belum diketahui apa jenis ikan hiu yang bertanggung jawab atas serangan ini, tapi ikan hiu putih sepanjang tiga meter terlihat berada di dekat Pantai Wategos tidak lama setelah terjadinya serangan.

Pemerintah NSW Memperkenalkan UU Jaring Ikan Hiu

Papan peringatan penutupan pantai pasca serangan ikan hiu
Pantai antara Suffolk Park dan Broken Head ditutup pasca serangan hiu. ABC News: Bruce Mackenzie

Pada Ahad (23/10), ratusan orang berkumpul di Ballina di Pesisir Utara memprotes rencana pemasangan jaring ikan hiu di kawasan tersebut. Bulan lalu, Cooper Allen, remaja berusia 17 tahun digigit ikan hiu di paha atasnya saat sedang berselancar di Pantai Lighthouse di Ballina, di pesisir Utara NSW.

Cooper berhasil dibantu ke tepian oleh seorang teman berselancarnya dan luka-luka yang dialaminya tidak terlalu parah. Pada Senin (24/10), Pemerintah NSW mengatakan pihaknya akan memperkenalkan UU Jaring Ikan Hiu ke parlemen bulan depan untuk mulai melakukan percobaan pemasangan jaring ikan hiu itu selama 6 bulan di pantai utara pada saat liburan sekolah di musim panas.

Menteri Industri Primer NSW, Niall Blair mengatakan pemerintah akan menyusun undang-undang untuk mengatur penggunaan jaring sehingga percobaan ini bisa dimulai secepatnya. "Memastikan [keamanan] di pantai utara merupakan prioritas dalam percobaan ini dan inilah yang akan menjadi fokus kami. Kita telah memasang jaring antara Newcastle dan Wollongong dan jaring itu telah terbukti berhasil. Itu sebabnya kami akan memperluas pemasangan jaring ini untuk diuji coba di pantai utara selama enam bulan,” katanya.

Wali Kota Menentang Jaring Hiu

Wali Kota Byron Shire, Simon Richardson mengatakan Pemerintah NSW terus tidak mengacuhkan desakan mendanai penelitian mengenai keamanan hiu selain dengan menggunakan jaring di kawasan ini.

Papan peringatan ular di dekat pantai Broken Head
Kawasan Pantai Broken Head memiliki papan peringatan ular, tapi tidak ada papan peringatan mengenai serangan hiu.

Dia menginginkan dukungan keuangan untuk sejumlah tindakan yang telah dilakukan oleh dewan pemerintah lokal untuk melindungi perenang dan juga peselancar. "Dewan pemerintah lokal baru-baru ini membiayai sendiri program pemantauan hiu tanpa ada dukungan dari pemerintah,” kata Richardson.

"Program ini sangat sukses, kami telah meminta kembali dukungan untuk melakukan uji coba program ini di pantai-pantai termasuk Broken Head, kami telah meminta dukungan untuk mendanai penggunaan perangkat gyrocopter selama satu tahun setengah tahun. Jadi saya kira masyarakat semakin frustasi karena hasil riset independen yang dipimpin oleh pemerintah negara bagian dan program yang telah dilakukan dewan Byron ternyata diabaikan," katanya.

Wali Kota Byron Shire, Simon Richardson menegaskan posisinya menentang jaring ikan hiu, tapi menyerahkan sepenuhnya pada masyarakat. "Menurut saya jaring ikan hiu bukan [solusi] untuk daerah Byron, tapi kita semua harus menunggu apakah akan ada protes keras mengenai kebijakan ini. Saya kira penting bagi kita untuk mencari solusi dari masalah ini ketimbang meresponnya secara emosional,” katanya.

Partai Buruh Ingin Jaring Hiu Dipasang Besok

Juru bicara Partai Buruh di Pesisir Utara NSW, Walt Secord, mendukung jaring hiu ini dan menghendaki jaring tersebut dipasang secepatnya. "Saya kira jaring itu harus dipasang paling lambat besok Selasa (25/10). Pemerintah NSW telah berjanji selama berbulan-bulan yang lalu, mereka telah juga menggelar pertemuan membahas masalah ikan hiu ini setahun yang lalu, dan mereka katakan akan menulis ke Perdana Menteri sekitar sebulan yang lalu. Sekarang waktunya mereka berhenti membuat alasan dan memasang jaring hiu tersebut,” kata Secord.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/peselancar-digigit-hiu-di-byron-bay/7961282
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement