Rabu 26 Oct 2016 17:34 WIB

30 Warga Sipil Afghanistan Jadi Korban ISIS

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Kelompok bersenjata ISIS   (ilustrasi)
Foto: EPA
Kelompok bersenjata ISIS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan telah melakukan serangan di Provinsi Ghor, Afghanistan. Sebanyak 30 warga sipil yang berada di wilayah itu mengalami penculikan dan pembunuhan dalam kejadian ini.

Dilansir dari BBC, kelompok militan tersebut menculik warga sipil yang tengah mengumpulkan kayu bakar di pegunungan. Termasuk diantaranya adalah anak-anak.

Pasukan keamanan Afghanistan mengatakan operasi pembebasan telah dilakukan, namun banyak dari warga sipil yang tak tertolong. Tetapi, seorang komandan ISIS dilaporkan tewas setelah perlawanan dilakukan.

Sejauh ini, ISIS banyak melakukan serangan di wilayah timur Afghanistan. Hanya dalam beberapa bulan terakhir, kelompok teroris itu mulai memasuki wilayah tengah negara tersebut.

Menurut beberapa pengamat, ISIS diyakini menargetkan mantan pejuang Taliban yang banyak berada di Ghor. Pada tahun lalu, dua kelompok militan ini telah menyatakan perang satu sama lain.

Beberapa laporan juga menunjukkan ISIS berupaya merekrut mantan anggota Taliban. Beberapa komandan Taliban juga diketahui telah menyatakan kesetiaan terhadap ISIS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement