Kamis 27 Oct 2016 18:49 WIB

Turki Tahan Puluhan Pilot Terkait Gulen

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham
Fethullah Gulen (Ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Fethullah Gulen (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Kantor berita Turki melaporkan, 45 pilot militer telah ditahan karena terkait dengan gerakan Fethullah Gulen, Kamis (27/10). Sebelumnya, 29 pilot juga ditahan dalam penyelidikan terhadap upaya kudeta yang gagal pada 15 Juli, lalu.

Kantor kejaksaan publik di kota Konya, Anatolian telah mengeluarkan perintah penahanan terhadap 73 pilot militer. Diantaranya dua kolonel dan 71 letnan. Mereka diduga terkait Gulen.

Sebanyak 45 orang telah dibawa ke Konya untuk diproses. Sementara 47 personil Angkatan Udara di Konya telah dibawa ke pengadilan. Mereka ditahan dalam operasi pada 20 Oktober, lalu.

Sebanyak 29 pilot ditahan, 18 dibebaskan dan sembilan masuk masa percobaan. Anadolu Agency juga mengatakan, pilot itu dipilih oleh gerakan Gulen dan memainkan peran penting.

Turki menuduh Gulen adalah otak dari upaya kudeta yang menurut pemerintah menewaskan lebih dari 270 orang. Pemerintah melakukan operasi pembersihan masif sejak saat itu terhadap para pengikutnya.

Sejauh ini, puluhan ribu orang telah ditahan. Puluhan ribu orang juga dipecat dari pekerjaan mereka di militer, kepolisian, yudisial, hingga ranah pendidikan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement