Jumat 28 Oct 2016 06:54 WIB

Permintaan Larangan Cadar Jadi Ancaman Pendidikan Muslimah India

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani
Muslim India
Foto: Reuters
Muslim India

REPUBLIKA.CO.ID, KARNATAKA -- Kampus-kampus di Karnataka, India, tengah ramai dengan seruan untuk melarang mahasiswa mengenakan cadar. Hal ini meningkatkan tensi di kalangan mahasiswa, terutama ancaman bagi para Muslimah.

Dilansir dari The Hindu, Kamis (28/10), kontroversi dimulai dengan sejumlah manajemen kampus yang membuat seragam wajib bagi mahasiswa. Pengecualian bagi Muslimah bercadar ternyata memicu kekesalan mahasiswa lain, yang diperparah hasutan orang-orang sayap kanan.

Mahasiswa dari Hangal, Hirekerur dan Akki Alur di Kabupaten Haveri, bersikeras agar kampus memberlakukan pembatasan. Mereka bersikukuh ketegangan yang terjadi di kampus-kampus, tidak lain dipicu oleh para mahasiswi Muslim yang memakai cadar.

Walau belum ada larangan resmi, sejumlah mahasiswa Hindutwa tampaknya akan menegakkan sendiri larangan tersebut. Mengingat sensivitas isu tersebut, manajemen sejumlah kampus memutuskan untuk menahan masalah ini, tapi masih memperbolehkan pakaian untuk alasan agama.

Meski begitu, mahasiswi Muslim saat ini seakan terjebak di situasi yang tidak menguntungkan, mengingat cadar merupakan bagian dari kepercayaan yang mereka anut. Namun, mereka merasa terancam jika mahasiswa lain bersikeras, terutama keamanan saat mengikuti pelajaran.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement