Jumat 28 Oct 2016 12:11 WIB

ISIS yang Terdesak dan Kepungan Bom Putus Asa

Pasukan elit kontraterorisme memasuki posisi ISIS di Desa Tob Zawa, sekitar sembilan kilometer dari Mosul, Irak, 25 Oktober 2016.
Foto: AP Photo/Khalid Mohammed
Pasukan elit kontraterorisme memasuki posisi ISIS di Desa Tob Zawa, sekitar sembilan kilometer dari Mosul, Irak, 25 Oktober 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, FADILIYA -- Pejuang Peshmerga Kurdi, Germad Yihya, berdiri di tanggul kecil yang menghadap sebuah desa di mana ISIS baru saja mereka taklukkan. Barisan pohon sekitar 500 meter dari tempatnya berdiri melukiskan bagaimana dia jangan cepat berpuas diri.

Sehari sebelumnya, sebuah truk bom bunuh diri ISIS menerobos pemandangan hijau untuk menewaskan lima rekannya setelah pasukan Kurdi bertempur selama 10 hari untuk merebut Desa Fadiliya, di mana 1.000 orang terperangkap dikelilingi bom yang ditanam di seluruh jalan.

Pasukan Irak dan Kurdi telah membersihkan sekitar 30 desa seperti Fadiliya selama penyerangan mereka saat mengusir ISIS dari benteng terakhirnya di Irak, Mosul, yang dianggap sebagai salah satu pertempuran terbesar di Irak dalam lebih satu dekade ini.

Membersihkan para militan garis keras suni dari daerah-daerah yang pernah berada di bawah cengkeraman teror ISIS ternyata menjadi misi berisiko dan menyita waktu. Untuk itu, merebut kembali Mosul yang berpenduduk 1,5 juta orang akan menghabiskan waktu berbulan-bulan.

Ketika pejuang Kurdi pertama kali memasuki Fadiliya, gerombolan pengebom bunuh diri memacu keras-keras mobil, SUV, sepeda motor dan Humvee yang dicuri dari tentara Irak serta sudah mereka penuhi dengan bom.

"Pada hari pertama saja ada 10 pengebom bunuh diri yang mengepung kami dari segala penjuru. Semuanya dari semacam mobil. Bertempur dari jalan ke jalan. Dari rumah ke rumah. Mereka juga menembaki kami dengan senapan mesin," kata Yihya.

Para militan ISIS itu kebanyakan masih berusia 20-an. Para perwira Irak dan Kurdi menyebut para radikal ISIS yang paling berani dan efisien adalah para petempur asing dari tempat-tempat seperti Ceko.

Baca: Pasukan Irak Ungkap Pabrik Bom ISIS di Mosul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement