Senin 31 Oct 2016 12:49 WIB

Delapan Tahanan India Kabur Setelah Tewaskan Satu Polisi

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi tahanan kabur
Foto: Republika On Line/Mardiah diah
Ilustrasi tahanan kabur

REPUBLIKA.CO.ID, BHOPAL -- Delapan tahanan melarikan diri dari sebuah penjara di Kota Bhopal, Negara Bagian Madhya Pradesh, India, Senin (31/10) pagi. Mereka memanjat dinding sel dengan menggunakan gulungan seprai.

Sebelum kabur, mereka terlebih dulu menewaskan satu orang petugas polisi yang sedang berjaga. Kepolisian Bhopal segera melancarkan operasi pencarian para tahanan yang telah menjadi buronan tersebut.

"Tahanan yang melarikan diri menewaskan penjaga dengan menyergap dan menggorok lehernya," ujar pejabat senior Kepolisian Bhopal, Rama Singh, dikutip dari BBC.

Ia menuturkan, para tahanan yang kabur adalah anggota Students Islamic Movement of India (Simi). Gerakan terlarang itu diduga telah menyebabkan serangkaian ledakan bom di India beberapa tahun lalu.

Pemerintah India menyalahkan gerakan Simi atas ledakan yang terjadi di Mumbai pada 2003. Sedikitnya 50 orang tewas. Namun Simi telah membantah tuduhan tersebut.

Pada 2013, tujuh tahanan, termasuk enam anggota Simi juga melarikan diri dari sebuah penjara di Madhya Pradesh dengan melubangi dinding toilet sel. Salah satu tahanan kemudian ditangkap di distrik Khandwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement